Apakah Palang Merah Lembaga Bentukan Israel,

BY Rizky SyahputraEdited Sat,30 Jul 2016,06:24 AM

Apakah Palang Merah Sudah Berubah Menjadi Lembaga Kemanusiaan Bentukan Israel?

Oleh: Dr. Ayman Abu Nahiyah

Suarapalestina – Artikel - Beberapa lembaga kemanusiaan negara gagal dalam memperjuangkan tahanan yang melakukan aksi mogok makan di penjara Israel. Bahkan penanganannya sangat lambat, makanya aliansi keluarga tahanan Israel menolak kedatangan relawan dari Palang Merah Palestina, mereka menuduh telah melakukan konspirasi dengan Israel.

Bahkan para aktivis dari aliansi keluarga tahanan Israel mengepung dan menduduki kantor Palang Merah di Ramallahyang sebelumnya mereka juga menggelar aksi di kantor PBB.

Kemarahan mereka ini sangat beralasan, disebabkan Lembaga Palang Merah ini bekerja bukan atas nama kemanusiaan lagi, tapi sudah menjadi kaki tangan penjajah Israel.

Seharusnya Palang Merah menjadi yang terdepan dalam membantu keluarga korban perang dan tahanan di penjara Israel. Bahkan melarang kunjungan keluarga tahanan perang Israel khususnya di jalur Gaza di penjara Israel di Ramallah. Kebijakan yang bsangat bertentangan dengan ruh kemanusiaan.

Anehnya, alasan mereka sangat tidak masuk akal. Kebijakan Palang Merah keluar dari kaidah hukum kemanusiaan, bahkan bisa dikatakan lembaga kemanusiaan yang menjadi kaki tangan penjajah Israel.

Lembaga Kemanusiaan Palang Merah Palestina merupakan lembaga independen yang dibentuk berdasarkan konferensi di Jenewa 1949. Bekerja sebagai lembaga independen kemanusiaan membantu korban perang di seluruh negara termasuk Palestina. Bukan memberikan pelayanan kepada penjajah Israel. Palang Merah sejak didirikan tahun 1863, masih bekerja untuk melayani korban perang dan keluarga tahanan Israel. Bahkan Palang Merah berani melarang keluarga tahanan rakyat Palestina yang dipenjara Israel untuk melakukan kunjungan.

Seharusnya, kalau kita berbicara tentang aturan konstitusi internasional, Palang Merah Internasional berfungsi untuk melakukan pelayanan yang maksimal di bidang kemanusiaan. Namun di Palestina fungsi ini tidak berlaku dan kami belum melihatnya. Bahkan Palang Merah menghambat bentuk bantuan kemanusiaan seperti tidak melakukan pelayanan di bidang kesehatan, baik itu sifatnya pelayanan umum dan lainnya, bahkan melarang kunjungan bagi keluarga yang dipenjara di Israel.

Oleh karena itu, segera harus ada revolusi dan pembenahan sistem di Palang Merah Palestina. Memperbaiki kinerja khususnya di bidang kemanusiaan, menekan pihak penjajah Israel untuk segera melepaskan tawanan perang Palestina, karena diantara tawanan itu ada yang sudah tua, mengidap penyakit, luka parah akibat perang, dan saat ini masih ditahan dan tidak dirawat dengan baik di penjara. Mereka membutuhkan peran lembaga kemanusiaan seperti Palang Merah. Bukan menjadi kaki tangan penjajah Israel.

leave a reply
Posting terakhir