Komandan Akui Kehebatan Terowongan Bawah Tanah Qassam

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Thu,23 Jul 2015,08:20 AM

Seorang komandan tinggi militer Israel mengungkapkan bahwa para pejuang brigade izzuddin Al Qassam, sayap militer gerakan Hamas telah berhasil memancing pasukan nya untuk berperang di dalam terowongan dan unggul dalam pertempuran tersebut.

Komandan brigade Nahal, Jenderal Uri Jordin berbicara dalam sebuah konferens yang dikutip media Israe di Yerusalem baru-baru ini mengatakan:  "Para pejuang Hamas , mengungguli pasukan ( IDF ) melalui Terowongan Bawah Tanah, dan mereka lebih suka mengarahkan pertempuran ke dalam terowongan ."

Ia menambahkan : "Hamas belajar dengan baik dari pertempuran sebelumnya , dan membolehkan penggunaan sarana komunikasi antar pejuang."

Komandan militer Israel membenarkan sulitnya menyelesaikan pertempuran, karena sulitnya akses informasi di area pertempuran di tepi Jalur Gaza , sementara para pejuang HAMAS mengurangi penggunaan perangkat komunikasi yang memungkinkan tentara Israel mendeteksi mereka, meskipun mereka memiliki keunggulan dalam bidang teknologi militer.

Ia menekankan bahwa tentara Israel telah dilatih agar memiliki kemampuan tempur terbaik dalam konfrontasi berikutnya, tercatat bahwa operasi berulang tentara Israel yang dilakukan di area penduduk di Tepi Barat telah memicu konfrontasi baru dengan Jalur Gaza, khususnya di daerah-daerah berpenduduk .

Harus diakui bahwa terowongan yang yang digali oleh Brigade Al - Qassam memainkan peran penting selama perang terakhir di Gaza pada musim panas 2014, dimana mereka melakukan serangkaian operasi komando, dengan membunuh lusinan serta melukai pasukan pendudukan.

Jalur Gaza menjadi wilyaha operasi militer besar-besaran Israel sejak tanggal 7 Juli dan berlangsung selama 51 hari. Israel telah melakukan serangan udara,  darat dan laut yang menewaskan 2.323 warga Palestina serta ribuan lainnya terluka. Serangan ini pun telah menghancurkan rumah dan tanaman pertanian. Israel juga telah melakukan pembantaian yang mengerikan.

leave a reply