Puluhan Ribu Warga Gaza memadati pantai Gaza

BY Rizky SyahputraEdited Sat,27 Aug 2016,04:58 PM

Begini Keseharian Pemandangan pantai Gaza, Puluhan Ribu Warga Gaza memadati pantai Gaza.

Jalur Gaza – SuaraPalestina - Pada Musim panas dengan suhu lebih dari 37 dejarat celsius dan ditengah kirisi listrik masih melanda wilayah Gaza, tidak ada alternatif lain bagi warga Gaza untuk menghabiskan akhir pekan atau masa liburan sekolah yaitu pergi ke pantai.

Ya inilah satu satunya langka yang diambil oleh warga Gaza dikalah musim libur tiba, atau diakhir pekan karena kita ketahui hingga kini wilayah Gaza masih diblokade oleh Israel.

Mereka tidak lagi memiliki hutan belantara maupun lautan bebas, perkebunan yang mereka miliki masih rutin di gusur oleh militer, perairan atau lautan Gaza masih dikuasai oleh militer itupun diijinkan nelayan Gaza melaut hanya 6 Mil saja, lebih dari itu bakal ditembak, perahu mereka ditenggelamkan dan mereka disuruh berenang hingga kedaratan.

Mereka mendatangi dan memadati pasir putih sepanjang Pantai Gaza mulai dari Rafah Selatan Gaza hingga Bait Lahiyah Gaza Utara sejak jam 1 Setelah Sholat Dzuhur dan mereka berada hingga Jam 10 Malam, dengan mengajak seluruh keluarga dan sanak saudara menyewa bus atau truk serta naik gerobak keledai, bahkan tidak sedikit dari mereka yang Mabit (Inap) inap dipinggir pantai bermodal tenda atau tikar.

Selama berada dipantai mereka berenang, bermain bersama sanak keluarga dan anak Istri, pemandangan berbeda karena dipantai Gaza tidak terlihat wanita dengan rambut terurai dan tidak ada pemuda pemudi sedang asik berpacaran.

Blokade Israel atas wilayah Jalur Gaza sudah berlangsung sejak 10 tahun lebih, sangat memperuslit merugikan warga Gaza dan mempersempit ruang gerak 1,9 Juta jiwa masyarakat Gaza, para petani sulit bertani, para nelayan tidak mudah mencari Ikan, para nelayan pulang kerumah tidak membawa Ikan untuk anak istri dan anak mereka akan tetapi tidak sedikit dari mereka kembali kerumah tinggal nama karena sudah ditembak atau ditahan oleh militer Yahudi.

leave a reply