Israel: Hamas Menolak Kesepakatan Pertukaran Tawanan

BY Rizky SyahputraEdited Thu,15 Sep 2016,01:00 PM

Israel: Hamas Menolak Kesepakatan Pertukaran Tawanan.

Tel Aviv-SP- Ketua Komite Urusan Tawanan Israel dikantor Perdana Menteri Israel menyebutkan bahwa Hamas menolak kesepakatan dua usulan Israel terkait pertukaran tawanan yang “hilang” di Gaza.

Pernyataan ini disampaikan pihak kementrian Israel dalam pertemuan “Pemberantasan Terorisme” di Herzliya.

Sampai saat ini, Israel masih menyimpan jasad 19 korban pejuang Palestina yang gugur saat “operasi penculikan” prajurit Israel di camp militer Israel. Selain itu juga Israel menangkap 18 warga Palestina dalam operasi penyerangan di jalur Gaza selama pecah perang, salah satunya warga Palestina yang dipenjara dan dihukum 16.5 tahun.

Pihak Israel mengusulkan menukar dua prajurit Israel Golden dan Syaul dengan seluruh tawanan Hamas dan jasad korban selama perang dengan Israel.

Atau tawaran kedua,  Israel meminta dua prajuritnya ditukar dengan puluhan tawanan warga Palestina yang ditangkap Israel.

Namun kedua tawaran Israel ini ditolak oleh Hamas, dan sampai saat ini Israel masih berusaha negosiasi dengan pihak pejuang Palestina.

leave a reply
Posting terakhir

Kesepakatan Pertukaran Tawanan dengan Israel Paling Menonjol Masa ke Masa

Menurut (WAFA), pertukaran itu melibatkan Mesir, Yordania, Suriah dan Lebanon. Setiap negara melakukan transaksi secara terpisah, yang terakhir dengan Suriah pada bulan Juni di tahun yang sama. Dalam kesepakatan itu: Ada 156 tentara Israel di tangan Mesir, 673 tentara di tangan Yordania, 4 tentara di Suriah, dan 8 di Lebanon, sementara Israel menahan 1.098 tentara Mesir, 28 Saudi, 25 Sudan, 24 Yaman, 17 Yordania, 36 Lebanon, 57 Suriah, dan 5.021 Palestina.