Obama Atas Bantuan Dana Untuk Perkuat Militer Israel

BY Rizky SyahputraEdited Thu,15 Sep 2016,01:02 PM

Netanyahu Ucapkan Terima Kasih Kepada Obama Atas Bantuan Dana Untuk Perkuat Militer Israel.

Tel Aviv – SP - Penasihat Keamanan Israel, Ya’qub Naghil, selasa (13/9) tiba di Ibukota Amerika Serikat Washington untuk menandatangani MoU kerjasama AS-Israel di bidang pertahanan dan keamanan. Amerika menggelontorkan dana sebesar 38 Milyar Dolar USD selama 10 tahun, dengan syarat tanpa persetujuan konggres AS.

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu mengomentari hasil perjanjian terbaru antara Amerika Serikat dengan Israel yang ditandatangani Rabu (14/9/2016).

“Amerika akan terus mendukung kekuatan militer Israel dalam mengembangkan aspek pertahanan Israel. Kesepakata ini sangat penting bagi Israel,”jelas  Netanyahu.

Netanyahu menyampaikan terima kasih kepada Obama seperti yang terekam dalam sebuah video berdursi singkat.

“Hubungan Israel dan Amerika nyata dan sangat kuat. Ya memang ada perbedaan, dan itu lumrah seperti dalam sebuah keluarga. Perbedaan-perbedaan itu sama sekali tidak akan mempengerahui hubungan mesra antara keduanya,” tambahnya.

Menurut Netanyahu, investasi Amerika dalam mendukung stabilitas keamanan Israel tidak saja untuk Israel tapi juga demi kepentingan politik Amerika Serikat di Timur tengah.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, Amerika akan mengirim dana sebesar 38 Milyar Dollar untuk Israel. Sebagian besar dana tersebut untuk mendukung anggaran belanja militer Israel.

 

leave a reply