Kematian Shimon Perez, Apa Yang Dilakukan Sepanjang Hidupnya?

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Thu,29 Sep 2016,06:46 AM

Kematian Shimon Perez, Apa Yang Dilakukan Sepanjang Hidupnya?

Tel Aviv-SP-Pemerintah Israel mengumumkan kematian Shimon Perez, presiden Israel ke 9 akibat menderia stroke sejak beberapa hari lalu.

Perez masuk ke dunia politik sejak usia dini sebagai pembantu Ben Gurion. Ia pernah menjabat sebagai Dirjen Menteri Keamanan sejak berusia 19 tahun dimana pada saat itu ia memperkuat hubungan keamanan dengan Perancis. Ia juga merupakan insinyur agresi terhadap Mesir.

Perez pernah menduduki posisi kementrian seperti Menteri Peperangan dalam pemerintahan Yitzhak Rabin, presiden pemerintah persatuan pertama dengan partai Likud dan bekerjasama dengan Yitzhak Rabin tahun 84/86.

Ia juga aktif sebagai Menlu dalam pemerintah Rabin kedua serta penanggung jawab negosiasi rahasia dengan PLO yang menyebabkan penandatangan perjanjian Oslo.

Setelah kematian Rabin November 1995, Perez diangkat menjadi presiden dan menteri keamanan. Pada saat ini Perez mengkampanyekan perang di Lebanon serta menyebabkan pembantaian di Qana.

Israel kalah dari Netanyahu dalam pemilu presdien tahun 1996. Ia juga pernah kalah dengan PM Ehud Barak.

Sejak kekalahan terakhir , Perez lalu bergabung dengan partai Kadima lalu diangkat menjadi wakil presiden hingga akhinrnya terplih menjadi presiden Israel tahun 2007.

 

leave a reply