DK PBB: Pemukiman Yahudi hambat perdamaian Israel-Palestina

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Sat,15 Oct 2016,07:05 AM

DK PBB: Pemukiman Yahudi hambat perdamaian Israel-Palestina

New York-SP- Dewan Keamanan (DK) PBB menggelar sidang pada hari Jumat (14/10) membahas pemukiman ilegal Yahudi di Tepi Barat. Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk komite hubungan Luar Negeri menanggapi permasalahan pemukiman Yahudi, bahwa ”Perluasan pemukiman Yahudi di wilayah Tepi Barat dan Tel Aviv menjadi permasalahan yang tak kunjung selesai, dan sudah menjadi konsumsi publik bahwa pemukiman Yahudi tersebut ilegal dan melanggar konsensus Internasional. Bahkan menghambat proses perdamaian kedua negara (Israel-Palestina).

DK PBB harus segera turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dan menghentikan proses pembangunan pemukiman ilegal Yahudi di Tepi Barat.

Dalam sidang ini, perwakilan dari negara Prancis mengungkapkan bahwa Prancis akhir tahun ini akan berusaha menjembatani proses kesepakatan dan perdamaian kedua negara bertikai (Israel-Palestina).

Sedangkan dari Rusia menyeru perdana menteri Israel, Benyamin Netanyahu untuk segera bertemu dengan Mahmud Abbas di Moskow untuk membahas permasalahan krusial kedua negara tersebut.

Perwakilan Israel untuk PBB menolak disebut sebagai negara “teroris politik” yang menjajah dan mencaplok Palestina. Dalam kesempatan itu, Israel membantah bahwa pembangunan pemukiman Yahudi di Tepi Barat menghambat perdamaian. Israel membangun pemukiman tersebut masih di dalam “wilayah Israel.”

leave a reply