Ada apa Israel hentikan proyek tembok beton ...

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Thu,20 Oct 2016,08:42 AM

Ada apa Israel hentikan proyek tembok beton raksasa di Jalur Gaza?

Gaza-SP- Sumber berita Yahudi mengungkapkan bahwa proyek pembangunan tembok raksasa di Jalur Gaza dihentikan sementara. Rencananya tembok ini untuk menghalangi terowongan pejuang Palestina menuju Israel.

Proyek ini dihentikan karena belum terjadi kesepakatan harga antara Israel dan kontraktor, salah satunya kontraktor dari Turki.

Rencananya dinding tembok ini ditanam sekitar 10 meter di bawah tanah. Salah satu sebab gagalnya proyek ini karena Israel tidak memiliki dana yang cukup.

Selain itu, Israel tidak memiliki kontraktor ahli yang bisa membangun dinding tembok beton raksasa sedalam 10 meter dan tinggi 10 meter. Ada lebih dari 13 perusahaan kontraktor asing yang mengajukan diri untuk menyelesaikan tembok beton ini. Diantaranya kontraktor dari Amerika Serikat, Italia, Jerman, Brazil, Spanyol dan Turki.

Rencananya, proyek ini dikerjakan non stop 24 jam dan 7 hari dan dibangun di sepanjang perbatasan jalur Gaza untuk menahan operasi pejuang Palestina di terowongan bawah tanah. Proyek ini dianggarkan Israel sebesar 530 juta US Dolar.

leave a reply