Dalam rangka memperingati 22 tahun perjanjian damai ...

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Fri,28 Oct 2016,06:50 PM

Dalam rangka memperingati 22 tahun perjanjian damai antara Israel dan Jordania

Berikut ini album photo yang bercerita tentang peristiwa bersejarah di mana Jordania adalah negara kedua setelah Mesir yang menyepakati perjanjian damai dengan Israel sekaligus mengakhiri perang demi kemaslahatan rakyat.

Upacara penandatanganan perjanjian damai itu dilangsungkan di distrik Wadi El-Araba Utara Eiliet yang merupakan kawasan perbatasan antara Israel dan Jordania. Adapun yang hadir saat itu adalah mendiang Perdana Menteri Israel, Yitzhak Rabin, Perdana Menteri Jordania, Abdul Salam El-Magali, dan terlihat Raja Jordania Husain dan Presiden Israel, Eizer Weizman saling berjabat tangan. 

Yang patut dicatat, di antara hasil kesepakatan damai itu, maka pintu perbatasan antara Israel dan Jordania akhirnya terbuka untuk lalu lintas barang dan manusia. Selanjutnya kedua negara melanjutkan sejumlah kerjasama di bidang ekonomi, dan yang paling terbaru adalah, kerjasama di bidang Migas antara Israel dan Jordania senilai 100 juta dolar per tahun. 

Sumber photo: Biro Pers Pemerintah Israel

leave a reply
Posting terakhir

Dalam Rangka Hari Tahanan, 17 Tahanan Palestina Menderita Lebih 3 Dekade di Penjara Israel

Ia menjelasakan bahwa hal tersebut mengacu pada kesepakatan sebelumnya antara Palestina dan otoritas pendudukan Israel untuk membebaskan tahanan Palestina pada sembilan tahun lalu. Kesepakatan itut menyebutkan tentang pembebasan semua tahanan Palestina yang sudah lama mendekam di penjara dalam empat gelombang. Setelah otoritas pendudukan Israel membebaskan tiga gelombang, mereka menghentikan pembebasan gelombang keempat setelah negosiasi tersendat.