Ini tanggapan Erdogan atas penembakan yang menewaskan ...

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Tue,20 Dec 2016,10:34 AM

Ini  tanggapan Erdogan atas penembakan yang menewaskan  Dubes Rusia di Ankara

Ankara, SP- Presiden Turky, Rajab Tayeb Erdogan langsung menghubungi Presiden Rusia Vladimir Putin via telephone pasca tragedi  yang menewaskan Dubes Rusia di Ankara, Andrei Karlov, Senin (19/12).

Karlov  ditembak  saat  dirinya sedang  membawakan pidato pada sebuah  sebuah acara kesenian di kota Ankara.

Kepada Kantor Berita Anadolu Turky, Erdogan mengatakan, ia dan Putin sepakat bahwa penembakan tersebut,  pada hakikatnya  ingin merusak hubungan diplomatik antara Rusia dan Turky.

Secara pribadi,  dan atas nama rakyat Turky, ia menyampaikan duka cita  yang sangat mendalam kepada Presiden Putin dan rakyat  Rusia atas perisitiwa naas ini.

Erdogan menambahkan,  dirinya dan Putin sama-sama  memandang bahwa  serangan bersenjata  itu, adalah aksi  provokatif yang sangat nyata. 

“Kami berdua tahu  bahwa perbuatan ini  bertujuan  merusak normalisasi hubungan yang sedang kembali dibangun  antara Turky dan Rusia. Tapi ketahuilah, bahwa kedua pemerintahan  ini cukup kuat untuk menghadapinya,”ujar Erdogan.

“Kami sepakat ke depan, Turky dan Rusia akan lebih fokus menangani ancaman terorisme global.”

Erdogan mengungkapkan, saat ini pemerintah Turky terus memantau secara dekat kasus ini.

Menurut Erdogan, Turky dan Rusia sudah membentuk komite bersama untuk menyelidiki  perisitiwa yang menghentak dunia internasional ini.

“Kantor Kedutaan Besar Rusia kini  mendapat pengamanan lebih ketat dari yang sebelumnya,” papar Erdogan.

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui motif penembakan yang dilakukan oknum warga Turky  bernama Mevlut Mert Aydintas (22).  Masih diselidiki, apakah pelaku adalah  anggota kelompok teroris tertentu atau bukan.

leave a reply
Posting terakhir