Mendiang Uskup Hilarion Capucci dinilai berjasa bagi Palestina

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Tue,03 Jan 2017,07:40 AM

Mendiang Uskup Hilarion Capucci dinilai berjasa bagi Palestina

Ramallah, SP- Pemerintah Palestina menyampaikan duka cita atas wafatnya Uskup Agung Katolik Melkite Yunani dari Jerusalem, Monsignor Hilarion Capucci.  Ia wafat di usia 94 tahun di Roma Italia.

Sejak  bebas dari penjara selama 12 tahun lamanya, ia akhirnya menetap di Roma setelah keberadaannya dilarang oleh pemerintah Israel.

Ia dijebloskan ke dalam penjara dengan tuduhan penyelundupan senjata untuk faksi pejuang Palestina.

Uskup Capucci dipandang berjasa dan punya andil  membela perjuangan Palestina. Bahkan dirinya dianggap sebagai salah seorang  petinggi faksi Fatah.

“Kita mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian Uskup Capucci. Dia adalah salah seorang petinggi Fatah yang terbukti mendukung perjuangan rakyat Palestina,” demikian  salah satu bunyi pernyataan pers faksi Fatah.

Hal senada diungkapkan oleh faksi Hamas di Jalur Gaza. Dalam keterangan persnya disebutkan, “Uskup Capucci telah membuktikan jasanya membela rakyat Palestina.  Dirinya membuktikan solidaritas bangsa Arab meski harus membayar mahal atas perjuangannya”

Uskup Capucci lahir di kota Aleppo tahun 1922.

Selama ini keberpihakannya terhadap Palestina cukup besar. Terakhir, pada tahun 2010 ia ikut bersama sejumlah aktivis kemanusiaan dalam kapal Mavi Marmara  yang hendak menembus blokade Jalur Gaza.

Sumber: SPNA Gaza (Ihsan)

leave a reply
Posting terakhir