Media Israel: Hamas makin berbahaya di dunia maya

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Tue,14 Feb 2017,09:26 AM

 Media Israel:  Hamas makin  berbahaya  di dunia maya

Tel Aviv-SPNA- Sejumlah media massa Israel  mengungkap  operasi dunia maya yang saat ini gencar dilakukan oleh para pejuang Hamas Palestina. Mereka menyebutnya sebagai “Operasi  mata-mata di dunia maya” yang menargetkan berbagai lembaga di dunia Arab dan Israel.

Aktivitas cyber Hamas ini diakui pihak Israel semakin meningkat dan cukup membahayakan seperti yang ditulis oleh media Israel, “Times Of Israel (TOI).”

TOI menyebutkan bahwa sekelompok pemuda yang tergabung dalam “Gaza Cybergang” cukup merisaukan  lembaga-lembaga resmi di Israel. Mereka mampu meretas sejumlah dokumen penting yang sifatnya rahasia.

Yang menarik, menurut TOI, bahwa cara mereka cukup halus, di mana serangan-serangan elektronik yang terjadi  tanpa kejelasan  identitas pelaku. Namun belakangan diketahui, bahwa mereka tergabung dalam Gaza Cybergang  (GC) tersebut.

Para hacker GC  itu  awalnya mengirim email ke sejumlah pegawai yang berisi  link-link berita palsu. Jika link-link itu ditekan, maka secara otomatis identitas pengguna email bisa mereka ketahui dengan mudahnya. Selanjutnya memudahkan mereka untuk memantau aktivitas pengguna email yang mereka serang.

Menurut situs TOI di atas, saat ini Hamas memiliki rencana strategi dan rapi  untuk menyerang pemerintah Israel  melalui dunia maya. Tim pengaman aktivitas elektoronik Israel berhasil mengungkap serangan  yang berkali-kali dilakukan oleh GC Hamas. Diperkiran jumlah hacker yang aktif di Jalur Gaza sediikitnya 10 orang yang tergabung dalam satu tim rahasia.

SPNA Gaza City

Penerjemah: Ihsan Zainuddin

leave a reply