HAM Internasional: Israel melanggar Hak Asasi Manusia...

BY Rara Atto Edited Tue,21 Mar 2017,09:35 AM

HAM Internasional: Israel melanggar Hak Asasi Manusia di Palestina

Ramallah-SPNA- Komisaris Tinggi HAM untuk Timur Tengah, Emir Zaid bin Ra’d, menyatakan bahwa sudah lebih dari setengah abad lamanya Israel menjajah Palestina dengan membangun permukiman ilegal Yahudi di Tepi Barat.

Hasil sidang Komisi HAM PBB di Jenewa, Senin (20/3),  menghasilkan empat rekomendasi penting terkait Palestina, tiga diantaranya ditujukan untuk sekjend PBB, berdasarkan keputusan nomor 31/355 tentang pelanggaran HAM Israel yang dilakukan di Tepi Barat, dataran tinggi Golan, dan di Jalur Gaza.

Beberapa pelanggaran yang dilakukan Israel adalah pembangunan permukiman ilegal Yahudi, penghancuran dan penggusuran rumah warga sipil Palestina, pembunuhan dan pembantaian terhadap warga sipil, aksi penangkapan terhadap anak-anak dan penyiksaan di penjara, dan masih banyak lagi pelanggaran HAM yang telah dilakukan Israel.

Gaza al-an melansir bahwa Komisi HAM PBB akan mengawal terus hasil rekomendasi penting ini, agar kesalahan dan pelanggaran yang dilakukan Israel tidak bisa terulang kembali. Targetnya, blokade Israel atas Gaza harus segera dicabut, agar warga di Gaza bisa hidup normal kembali.

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Syadid

 

leave a reply
Posting terakhir