Menteri Perumahan Palestina umumkan anggaran baru untuk...

BY Ihsan ZainuddinEdited Sat,25 Mar 2017,09:57 AM

  Menteri  Perumahan Palestina umumkan anggaran baru untuk renovasi  infrastruktur  akibat  perang 2014

Jalur Gaza -SPNA- Menteri Perumahan dan Pekerjaan Umum Palestina, Mufied Al-Hasayena, mengatakan bahwa pemerintah telah mengucurkan dana bantuan dari Kuwait  sebesar 4,5 juta Dollar Amerika untuk merenovasi perumahan yang hancur pasca perang dengan Israel tahun 2014.

Dana tersebut diserahkan langsung kepada para pemilik rumah yang berjumlah 550 KK. Al-Hasayena menyebutkan, hingga kini total dana yang dikeluarkan untuk program renovasi sebesar 62,5 juta Dollar Amerika.

Selain renovasi perumahan rakyat, Al-Hasayena juga meyinggung upaya pembangunan infrastruktur di bidang kesehatan.  Sedikitnya 4 juta Dollar Amerika yang diperuntukkan untuk membangun gedung  persalinan di rumah sakit El-Syifa.

Pembangunan jalan juga menjadi perhatian pemerintah. Ruas-ruas jalan di lima kabupaten di Jalur Gaza, kembali direnovasi dengan biaya sekitar 35 juta Dollar Amerika.

Selain bantuan dana dari  Kuwait, pemerintah Palestina juga menerima bantuan dari Saudi Arabia sebesar 80 juta Dollar Amerika. Adapun rincian penggunaannya hingga sekarang, adalah 40 juta Dollar untuk merenovasi sejumlah unit perumahan bagi para pengungsi yang mencapai 1.300 orang.  Dalam hal ini, pemerintah melakukan koordinasi dengan UNRWA PBB di Jalur Gaza.

Al-Hasayena juga merinci bahwa saat ini stok semen yang tersedia di sejumlah gudang distributor  sebanyak 6.000 ton. Bahan material itu siap dibeli oleh pemerintah guna kebutuhan renovasi.

Menurut Al-Hasayena, jika tahap renovasi saat ini berhasil dituntaskan, maka program renovasi yang ditargetkan telah mencapai 89 %.

 

SPNA Gaza City

Penulis: Hala el Tawel

Penerjemah: Ihsan Zainuddin

leave a reply