Bloomberg: Mesir bisa jadi penengah konflik Hamas-Israel

BY Ihsan ZainuddinEdited Sat,01 Apr 2017,08:26 AM

 Bloomberg: Mesir bisa jadi penengah konflik Hamas-Israel

Washington -SPNA- Kantor perwakilan berita Bloomberg Amerika menyebutkan bahwa pertikaian antara Hamas-Israel akhir-akhir ini semakin memanas. Upaya perdamaian kedua belah pihak masih belum terwujud sampai sekarang. Namun ada titik terang yang bisa menjembatani dua kepentingan tersebut. Mesir memiliki perjanjian damai dengan Israel, begitu juga Hamas telah menyepakati perjanjian damai dengan Mesir. Bahkan dinas Intelijen Mesir memiliki informasi yang akurat tentang Hamas. Mesir memiliki kelebihan untuk bisa menyatukan kedua faksi yang sedang bertikai.

Bahkan ketika gencatan senjata berlangsung antara Israel-Palestina, Mesir memiliki peran yang sangat besar. Menurut Bloomberg, Mesir memiliki kelebihan yang bisa mendamaikan kedua pihak yang bertikai.

 

Portal Palsawa, Jumat (31/3) melansir bahwa ketika Hamas-Israel bisa berdamai, maka perdamaian di Timur Tengah akan segera terwujud. Permasalahannya adalah selama ini Hamas telah mengangkat senjata untuk melawan Israel, begitu juga pihak Israel. Dinas Keamanan Israel menyatakan bahwa upaya untuk menghentikan aksi terorisme di Tepi Barat dilakukan untuk meredam aksi yang lebih besar lagi. Selain itu, peran negara adikuasa seperti Amerika akan memberikan dampak besar bagi keamanan di Timur Tengah.

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Syadid 

leave a reply
Posting terakhir