Peduli tahanan, warga Palestina di al-Quds lakukan unjuk rasa

BY Ihsan ZainuddinEdited Sat,29 Apr 2017,07:57 AM

 Peduli tahanan, warga Palestina di al-Quds lakukan unjuk rasa

Al-Quds -SPNA- Usai melaksanakan sholta Jumat, warga Palestina di Al-Quds melakukan aksi unjuk rasa sebagai bentuk kepedulian terhadap tahanan Palestina yang mendekam di penjara Israel.

Portal Palestina Maannews, Jumat (28/04/2017), mengatakan bahwa sembari membawa logo dan bendera Palestina, para demonstran menuntut Israel memberikan hak-hak tahanan secara adil dan sesuai dengan hukum. Mereka juga menuntut masyarakat internasional mendukung para tahanan untuk memperoleh keadilan.

Hal senada diungkapkan Khatib masjid al-Aqsa, Syekh Ismail Nawahideh yang mengajak masyarakat dunia untuk mendukung para tahanan. Nawahideh juga menuntut pihak yang berwenang agar membebaskan anak-anak yang ditahan oleh Israel.

“Para tahanan melakukan mogok makan karena mereka menolak untuk dihina serta menuntut hak mereka sebagai manusia yang telah dijamin seluruh agama,”sebutnya.

Sementara itu  Ketua Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam (Hamas),  Khaled Meshal menyatakan bahwa Hamas akan memaksa Israel agar membebaskan warga Palestina.

Perlu disebutkan bahwa sekitar 1.600 tahanan palestina melakukan mogok makan demi menuntut hak-hak mereka yang dibatalkan oleh Israel, seperti hak untuk dikunjungi oleh keluarga, jaminan kesehatan dan tidak ditempatkan di sel isolasi.

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Rizky Syahputra 

leave a reply