Memasuki hari ke-13 mogok makan, kondisi tawanan Palestina...

BY Ihsan ZainuddinEdited Sun,30 Apr 2017,07:06 AM

Memasuki hari ke-13  aksi mogok makan, kondisi  tawanan Palestina di penjara Ofer Israel makin memprihatinkan

Ramallah, SPNA- Memasuki hari ke-13 aksi mogok makan yang digelar oleh tawanan Palestina di penjara Ofer Israel, dikabarkan bahwa kondisi kesehatan mereka semakin memburuk.

Berdasarkan  laporan media setempat, kondisi kesehatan mereka semakin kritis, seperti penurunan berat badan yang cukup drastis hingga 10 kg, tekanan  darah  yang tidak teratur, dan rasa sakit di bagian usus, kepala, dan ketidakmampuan mereka untuk bergerak lebih leluasa.

Kondisi ini disaksikan langsung oleh salah seorang  tim pengacara asosiasi tahanan Palestina, Luai Ekah, setelah dirinya diperbolehkan untuk mengunjungi para tahanan di dalam penjara Ofer Israel.

Adapun mereka yang saat ini melakukan aksi mogok makan antara lain; Fadhi Abu Atiya, Luai Elmansi, Syarar Mansur, dan Ahmed El-Syarbini.

Menurut keterangan sang pengacara, seperti dikutip Ramallah News, Sabtu (29/04/2017), kondisi sepuluh orang dari mereka sudah sangat memprihatinkan. Selain itu, sikap para sipir Israel di dalam penjara yang  terbilang kasar terhadap mereka.  Para tahanan kerap mendapat bentuk  penyiksaan saat dilakukan pemeriksaan harian, disamping larangan menggunakan pakaian dalam, dan hanya boleh mencuci pakaian sekali dalam seminggu meski kondisi cuaca terbilang panas. Belum lagi penggunaan air sangat dibatasi.

Hingga saat ini  Israel  masih  mencegat para pengacara untuk mengunjungi para tahanan di penjara Israel secara umum, kecuali di penjara Ofer dan Askalan.

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Ihsan Zainuddin

leave a reply