Pemukim Israel hancurkan sumur warga Palestina di dekat Bethlehem

BY Ihsan ZainuddinEdited Thu,04 May 2017,07:31 AM

Pemukim Israel hancurkan sumur warga Palestina di dekat Bethlehem

Bethlehem, SPNA – Pemukim Israel menghancurkan sumur milik seorang warga Palestina, Selasa (02/05/2017), di kota al-Khader, selatan Bethelehem, wilayah selatan Tepi Barat, seperti dilansir Kantor Berita Palestina, Wafa.

Hasan Brijiyeh, seorang aktivis lokal dari komite sumur pemisah dan permukiman di Bethlehem, kepada Wafa ia mengungkapkan bahwa, dibawah pengawalan pasukan Israel, sekelompok pemukim mengancurkan sumur milik Ahmad Ghnaim.

Menurut laporan tersebut, sumur berukuran 100 meter pertsegi itu telah berusia 250 tahun, dan berlokasi dekat pos penjagaan permukiman ilegal Sde Boaz, yang didirikan di atas tanah milik warga Palestina.

Dua minggu lalu, kantor berita Wafa melaporkan bahwa pemukim ilegal dari Sde Boaz merusak tanah milik warga Palestina di wilayah the Wadi al-Ghawit, sisi barat al-Khader, kemudian menyerang sang pemilik tanah.

Pada tahun 2014, pemukim Israel dari Sde Boaz menghancurkan lebih dari 300 tanaman anggur yang baru saja ditanam di wilayah Sbeihs.

Sekitar 600,000 pemukim Israel mendiami permukiman di Tepi Barat dan Jerusalem Timur. Hal ini jelas bertentangan dengan hukum internasional.

Masyarakat internasional menganggap bahwa semua permukiman yang dibangun di atas tanah Palestina adalah ilegal, meskipun pemerintah Israel membedakan antara permukiman yang disponsori oleh negara dan tidak, seperti Sde Boaz.

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Ratna

leave a reply
Posting terakhir
Aktivis Gaza: 96.02% air sumur Gaza tercemar

Aktivis Gaza: 96.02% air sumur Gaza tercemar

Menurut informasi yang dirilis rumah pers tersebut, persentasi sumber air sumur di Gaza merosot tajam dari 98.3% tahun 2000 menjadi 10.5% tahun 2014. Akibatnya jumlah warga yang memilih tangki air meningkat menjadi dari 1.4% menjadi 89.9%.