ICRC serukan Israel untuk permudah komunikasi...

BY Ihsan ZainuddinEdited Thu,04 May 2017,07:37 AM

 ICRC serukan Israel untuk permudah komunikasi antara  tahanan dan keluarga

Jalur Gaza, SPNA – Komite Palang Merah Internasional (ICRC) menyerukan Otoritas Israel agar mematuhi hukum terkait komunikasi antara tahanan Palestina dan keluarga mereka, seperti dilansir Ma’an News, Rabu (03/05/2017).  

Jacques De Maio, kepala delegasi ICRC untuk Israel menuntut agar komunikasi antara tahanan dan keluarga ditingkatkan sesuai dengan prosedur. Hal ini menyusul pembatalan izin bagi warga Palestina untuk mengunjungi keluarga mereka yang ditahan Israel.

Menurut perjanian Jenewa tahun 1949, warga Palestina berhak mengunjungi sanak famili mereka yang ditahan dan hanya boleh dibatalkan atas alasan keamanan.

Umumnya, Israel menahan warga Palestina di wilayah Palestina bukan di wilayah Israel, hal ini mengakibatkan sulitnya komunikasi antara tahanan dan keluarga mereka, karena mereka harus mendapatkan izin khusus jika melakukan kunjungan, ditambah lagi prosedur pemeriksaan yang ketat dan memakan waktu lama.

De Maio menyatakan bahwa sejak tahun 1968, ICRC telah memfalisitasi warga yang hendak mengunjungi keluarga mereka yang ditahan Israel. “Perlu diperjelas bahwa hal ini adalah tanggung jawab Israel,”sebutnya.

Delegasi  ICRC juga melakukan kunjungan terhadap tahanan serta masih membantu mereka untuk  berkomunikasi dengan keluarga mereka baik melalui pesan lisan atau tulisan. ICRC juga mengadakan program kunjugan keluarga, dimana sejak 1968 mereka telah menfalisitasi 3.5 Juta warga untuk mengunjungi keluarga mereka yang ditahan.

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Rizky Syahputra

 

leave a reply
Posting terakhir