Dukung tahanan Palestina, suporter Celtic FC kibarkan bendera Pal

BY Ihsan ZainuddinEdited Tue,09 May 2017,08:03 AM

 Dukung tahanan Palestina, suporter Celtic FC kibarkan bendera Palestina dalam pertandingan di Glasgow

Glasgow -SPNA- Dalam sebuah perhelatan sepak bola yang digelar di kota Glasgow, Sabtu (06/05/2017), para suporter Celtic FC menunjukkan dukungan mereka kepada para tahanan Palestina dengan membentangkan spanduk berukuran besar dan bendera Palestina.

Sembari menggenggam dan mengangkat bendera Palestina, dengan suara lantang para suporter tersebut meneriakkan slogan “Freedom and Dignity” (Kemerdekaan dan Martabat), slogan yang disuarakan oleh para tahanan Palestina.

Celtic FC sendiri berhasil memenangkan pertandingan melawan St. Johnstone dengan skor 4-1. Selain bersorak untuk tim mereka, para suporter klub yang berbasis di ujung timur kota Glasgow Skotlandia ini, juga meneriakkan dukungan bagi warga Palestina.

Sebelumnya, para suporter Celtic FC menyumbangkan dana sebesar $220,000 kepada badan amal Palestina, setelah UEFA menjatuhkan sanksi kepada tim itu atas ulah suporternya yang mengibarkan bendera Palestina dalam sebuah pertandingan melawan  tim Israel Hapoel Beer Sheva, pada 17 Agustus 2016 silam. Dana tersebut diberikan melalui Lajee Center di kamp pengungsian Aida dan Bantuan kesehatan untuk Palestina.

Seperti diketahui, setidaknya 1.600 tahanan Palestina melakukan aksi mogok makan sejak 17 April 2017, bertepatan dengan Hari Tahanan Palestina. Para tahanan menuntut hak asasi manusia, waktu besuk keluarga, perawatan medis dan pengobatan yang tepat, mengakhiri kurungan isolasi, dihilangkannya penahanan administratif serta penahanan dan pengadilan tanpa sebab.

Beberapa suporter Celtic FC yang beraprisipasi pada aksi dalam pertandingan tersebut, sebelumnya terlibat adalam demonstrasi Glasgow untuk tahanan Palestina, yang merupakan bagian dari Hari Aksi Skotlandia untuk mendukung pemogokan yang terjadi di Glasgow, Edinburgh, Dundee, Aberdeen and Inverness, yang diselenggarakan oleh kelompok solidaritas We Are All Hana Shalabi, Scotland Supports Palestine dan kelompok solidatitas lainnya. Sejumlah aksi dukungan terhadap tahanan Palestina juga tampak dilakukan di berbagai kota di seluruh dinia, seperti dikutip samidoun.net, Ahad (07/05/2017).

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Ratna 

leave a reply