Israel tangkap penulis dan intelektual Palestina, Ahmed Qatamesh

BY Ihsan ZainuddinEdited Mon,15 May 2017,08:54 AM

 Israel tangkap penulis dan intelektual Palestina, Ahmed Qatamesh

Tepi Barat -SPNA- Penulis dan intelektual Palesrina, Dr. Ahmed Qatamesh (63) ditangkap di kediamannya oleh pasukan pendudukan Israel. Sebelum penangkapan, Minggu pagi (14/05/2017) waktu setempat, Pasukan Israel mengepung dan menyerbu rumah beliau di El-Bireh.

Empat tahun lalu, Qatamesh dibebaskan dari penjara setelah menjalani hukuman sebagai tahan administrasi tanpa melalui proses pengadilan atau 2,5 tahun penjara. Sebelumnya, ia pun pernah merasakan hidup dalam penjara Israel selama bertahun-tahun. Laporan ilmiahnya mengenai penjara, “I Will Not Wear Your Tarbush”, diketahui memberikan banyak berkontribusi dalam literatur mengenai warga Palestina yang hidup dalam penjara. Haneen Qatamesh, putrinya, menulis tentang pengalamannya saat penahanan sang ayah pada tahun 2011.

Beliau pernah ditahan selama lima tahun (1993 -1998), sebagai tahanan administrasi, tanpa proses pengadilan – yang merupakan masa penahanan terlama bagi tahanan administrasi ketika itu.

Samidoun.net  melansir, bahwa ia adalah satu dari 14 warga Palestina yang ditangkap dalam waktu satu malam oleh pasukan Israel yang melakukan penyerbuan dengan sangat bengis.

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Ratna

leave a reply
Posting terakhir