Jelang Ramadan, Darul Qur’an Indonesia gelar  pengobatan gratis untuk  rakyat  miskin di Jalur Gaza

Jalur Gaza, SPNA-   Darul Qur’an Indonesia di Jalur Gaza  bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Jabaliyah mengadakan  hari bakti sosial melalui program pengobatan gratis , Sabtu  (20/05/2017). Kegiatan  yang didanai oleh Darul Qur’an pimpinan Ustadz Yusuf Mansur ini  dikhususkan untuk masyarakat  fakir miskin di Jalur Gaza Palestina.

BY Rara Atto Edited Mon,22 May 2017,06:09 AM

SPNA - Gaza City

Jelang Ramadan, Darul Qur’an Indonesia gelar  pengobatan gratis untuk  rakyat  miskin di Jalur Gaza

Laporan wartawan SPNA, Reham Abu Ajwah

Jalur Gaza, SPNA-   Darul Qur’an Indonesia di Jalur Gaza  bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Jabaliyah mengadakan  hari bakti sosial melalui program pengobatan gratis , Sabtu  (20/05/2017). Kegiatan  yang didanai oleh Darul Qur’an pimpinan Ustadz Yusuf Mansur ini  dikhususkan untuk masyarakat  fakir miskin di Jalur Gaza Palestina.

Kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya secara berturut-turut sebagai bentuk dukungan dan perhatian Darul Qur’an dalam bidang dakwah, kesehatan dan kemanusiaan. Kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan semangat para pasien yang tergolong miskin untuk sembuh dari penyakitnya. Mereka butuh pengobatan serius di tengah himpitan kehidupan akibat  blokade  Israel yang telah berlangsung lebih dari sepuluh tahun.

Bapak Abdillah Onim selaku Pimpinan Darul Qur’an Cabang Jalur Gaza menjelaskan bahwa pengobatan gratis ini meliputi sejumlah bidang spesialisasi kesehatan, seperti layanan pengobatan khusus mata, gigi, penyakit dalam, penyakit kulit, THT dan lain sebagainya. Para dokter yang dilibatkan pun adalah kalangan dokter spesial yang sangat profesional.

Pengobatan yang diadakan menjelang Ramadan ini juga bertujuan agar pasien bisa sembuh dari penyakit yang dideritanya, dan lebih bersiap lagi secara fisik menyambut bulan suci Ramadan.

Menurut data Bapak Abdillah Onim atau yang akrab dipanggil Bang Onim, kurang lebih seribu pasien  yang telah mendapat  pengobatan secara gratis, demikian pula layanan pemeriksaan atau konsultasi kesehatan gratis.

Hal senada juga disampaikan oleh Shabirin Abdulllah, Direktur Pusat Kesehatan Jabaliyah yang menekankan pentingnya pelayanan kesehatan  gratis ini untuk masyarakat. Shabirin menilai kegiatan ini  patut diapresiasi sebab memberikan obat-obatan secara baik, seperti obat-obatan antibiotik dan tidak sebatas pemberiatan obat-obatan penenang. Demikian pula adanya perhatian lebih kepada sejumlah pasien yang sedang dalam kondisi kritis.

“Bakti sosial dalam bentuk layanan kesehatan gratis ini, bertujuan untuk mengobati para pasien yang kurang mampu, sekaligus memberikan penyadaran akan pentingnya menjaga kesehatan,” jelas Shabirin.

Shabirin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Indonesia atas bantuan ini, yang menurutnya,  merupakan salah satu bentuk  kedekatan  hati  antara rakyat Indonesia dan Palestina. Dia berharap agar kegiatan seperti ini terus bisa dilakukan demi kepentingan publik.

Dr. Muhammad Abu Nur, salah seorang dokter yang ikut terlibat dalam kegiatan ini mengatakan, “Secara umum ketersediaan obat-obatan  untuk kegiatan yang berlangsung  sehari  ini  mencukupi kebutuhan untuk seluruh bidang spesialis.”

Abu Nur menegaskan akan urgensi acara ini yang turut menjadi berkontribusi dalam menangani masalah pelayanan kesehatan yang  belum terjangkau khususnya daerah-daerah yang berpenduduk mayoritas miskin.

Situasi blokade Israel  yang menghimpit ruang gerak di semua lini kehidupan,  juga berimbas kepada sektor kesehatan, misalnya berkurangnya distribusi obat-obat dari luar untuk Jalur Gaza.

Seluruh  pihak  baik  pasien maupun para dokter yang terlibat mengucapkan terima kasih atas bantuan Darul Qur’an Indonesia, atas perannya yang sangat vital dalam mengurangi beban penderitaan rakyat Palestina yang saat ini membutuhkan  obat-obatan dan pelayanan kesehatan secara gratis akibat krisis kemanusiaan yang berkepanjangan ini. 

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Ihsan

 

 

 

 

leave a reply
Posting terakhir

MASYARAKAT INDONESIA BUKA PASAR SEMBAKO INDONESIA GRATIS DI PALESTINA, Bantuan dari Rakyat Indonesia untuk warga Gaza

 Pertama pasar sembako gratis digelar oleh masyarakat Indonesia Palestina tepatnya dikota Gaza, ratusan warga Gaza banjiri pasar sembako amanah dari rakyat Indonesia, mereka bebas memilih kebutuhan dan keperluan makanan sehari-hari seperti beras, minyak goreng, gula, garam, kurma, makarona dengan total 16 item jenis makanan, insya Allah pada Ramadhan 2019 ini kita gelar dengan program sama yaitu PASAR SEMBAKO INDONESIA GRATIS dan PASAR SAYUR DAN BUAH GRATIS, ungkap Abdillah Onim-Humanitarian activist and diplomacy Indonesia di Gaza.