Sejak 1967 Israel kucurkan miliaran dollar untuk bangun permukima

BY Ihsan ZainuddinEdited Tue,06 Jun 2017,08:47 AM

 Sejak 1967 Israel kucurkan miliaran dollar untuk bangun permukiman

Al-Quds -SPNA- Pemerintah Israel mengucurkan miliaran dollar demi mendirikan dan permukiman Yahudi di Tepi Barat dan al-Quds Timur sejak perang tahun 1967.

Tidak ada keterangan pasti terkait total jumlah tersebut, namun Kementerian Keuangan Israel setiap tahunnya melaporkan bahwa dana pembangunan permukiman Israel dari tahun 2003 hingga 2005  mencapai 3.5 miliar. Namun jumlah tersebut tidak mencakup infrastruktur.

Sementara itu Roby Natanson, direktur Lembaga  Ekonomi Makro dan Politik Internasional, mengatakan sejak 50 tahun terakhir dana investasi pembangunan permukiman Yahudi mencapai 20 miliar  dollar.

Jumlah pemukim Israel sendiri bertambah menjadi 600.000 jiwa, 400.000 dinatrana berada di Tepi Barat. Keberadaan  pemukim Yahudi disebutkan menjadi peneyebab ketegangan dengan 2.6 juta warga Palesina di Tepi Barat dan al-Quds Timur,

Meskipun lembaga internasional telah menyatakan bahwa permukiman Israel melanggar hukum dan menjadi penyebab utama menghalangi rekonsiliasi damai dengan pemerintahan Palestina, namun pihak Israel hingga saat ini masih melakukan perluasan permukiman, seperti dilaporkan al-Quds net. 

 

SPNA Gaza News

Sumber: Quds Net News Agency, penerjemah: Rizky Syahputra

 

leave a reply
Posting terakhir