Mufti Al-Quds seru warga Palestina tunaikan sholat Jumat di gerbang Masjid Al-Aqsa

Al-Quds, SPNA - Ulama al-Quds menyeru semua masjid di kota tersebut untuk tutup pada hari Jumat sebagai bentuk protes atas kebijakan baru Israel di Masjid Al-Aqsa.

BY Abdelhamid Akkil Edited Thu,20 Jul 2017,01:09 PM
3.jpg

Anadolu Agency - Gaza City

Al-Quds, SPNA - Ulama al-Quds menyeru semua masjid di kota tersebut untuk tutup pada hari Jumat sebagai bentuk protes atas kebijakan baru Israel di Masjid Al-Aqsa.

Mufti Muhammad Hussein mengatakan kepada wartawan, Rabu (19/07/2017), bahwa muslim Palestina harus berkumpul di luar gerbang Masjid Al-Aqsa guna melaksanakan sholat Jumat.

Aksi protes terus meningkat sejak hari Ahad setelah imam masjid Al-Aqsa menyeru jama’ah menolak detektor logam yang dipasang Israel di pintu masuk pasca  aksi baku tembak yang mematikan pekan lalu.

Ribuan orang melaksanakan shalat di jalan-jalan di luar masjid pada Selasa malam hingga mereka dibubarkan oleh pasukan Israel.

Wakaf Islam, yayasan yang bertanggung jawab atas keberlangsungan situs tersebut, menggambarkan langkah-langkah keamanan baru yang diterapkan Israel sebagai pelanggaran terhadap "status quo."

Namun, Israel mempertahankan detektor logam yang kontroversial tersebut dan mengklaim bahwa hal itu tidak berbeda dengan tindakan pengamanan di tempat-tempat ibadah lainnya di dunia.

Protes dimulai setelah masjid dibuka kembali pada hari Ahad pasca  penutupan selama dua hari sebagai tanggapan atas insiden baku tembak yang menewaskan dua petugas polisi Israel dan tiga warga Palestina.

 

Penerjemah: Ratna

leave a reply
Posting terakhir

Tunaikan shalat Ied Fitri, Khatib seru rakyat Palestina perkokoh..

SPNA, Jalur Gaza, Ribuan kaum muslimin laksanakan sholat Ied di pelataran El-Saraya Jalur Gaza, Ahad (25/06/2017). Tampak sejumlah tokoh penting Palestina ikut serta dalam ibadah tahunan ini seperti, Khalil El-Hayya, Wakil Ketua Biro Politik Hamas yang bertindak selaku Imam dan Khatib, demikian pula kehadiran Dr. Ismail Haniyyah, Kepala Biro Politik Hamas, serta sejumlah tokoh penting lainnya.