Israel Tangkap 7 Warga Gaza di Perbatasan Bait Hanun,Gaza Utara.

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Mon,28 Mar 2016,06:33 AM

Israel Tangkap 7 Warga Gaza di Perbatasan Bait Hanun,Gaza Utara.

Suarapalestina: Pusat Hak Asasi Manusia "Mizan", Ahad 27/3, mengatakan, Militer Israel telah menangkap sedikitnya 7 Orang warga Palestina sejak awal bulan Maret saat para korban melintas di perbatasan Erez, Bait Hanun, Jalur Gaza utara.

Mizan menjelaskan dalam pernyataan resminya, militer Israel terus melanjutkan aksi pelanggaran terhadap para pasien dan pendamping yang benar-benar membutuhkan pengobatan sehingga memaksa mereka melintasi pintu perbatasan tersebut untuk bisa tiba di rumah sakit di luar wilayah Jalur Gaza.

Mizan melihat, aksi penangkapan semacam ini adalah ancaman serius bagi kelangsungan hidup para pasien Palestina yang berasal dari Jalur Gaza yang dilarang mendapatkan akses untuk perawatan medis secara layak. Mereka menilai, apa yang dilakukan oleh otoritas Israel merupakan pelanggaran fisik dan tersusun terhadap undang-undang kemanusiaan Internasional dan undang-undang Internaisonal Hak Asasi Manusia, dalam kondisi berlanjutnya blokade yang dipaksakan kepada Jalur Gaza yang telah berlangsung lebih dari 10 tahun.

Diberitakan sebelumnya bahwa militer Israel telah menangkap sedikitnya 44 warga Gaza, 4 diantaranya pasien dan 30 pedagang yang melintasi perbatasan Erez sejak tahun 2015 silam.

 

leave a reply