Gelombang demonstrasi bela Al-Aqsa di berbagai wilayah

Jalur Gaza, SPNA - Ribuan warga Palestina dari berbagai lapisan di beberapa wilayah mengadakan demonstrasi bela Al-Aqsa usai shalat Jumat, 21/07/2017.

BY Abdelhamid Akkil Edited Sat,22 Jul 2017,12:05 PM
IMGL9407 (Medium).JPG

SPNA

Jalur Gaza, SPNA - Ribuan warga Palestina dari berbagai lapisan di beberapa wilayah mengadakan demonstrasi bela Al-Aqsa usai shalat Jumat, 21/07/2017.

Koresponden Suara Palestina di Gaza, Abdel Hamid Akkila melaporkan bahwa ribuan rakyat Palestina dipimpin gerakan perlawanan Islam Hamas, gerakan Jihad Islam serta berbagai faksi lainnya mengadakan aksi bela Al-Aqsa usai shalat Jumat di depan gedung Dewan Legislatif.

Ketua Biro Politik Hamas Dr. Khalil al-Hayah berkata, “Kami bersatu melawan pendudukan Israel terhadap Al-Quds dan Al-Aqsa karena Al-Aqsa adalah permata bangsa kami. ''

'' Israel laksana kanker yang menggerogoti Palestina. Mereka (Israel) tidak berhak mengangkat bendera di atas tanah kami,” tegasnya.

Al-Hayah juga menyampaikan terima kasih kepada Perdana Menteri Malaysia karena turut serta mendukung Al-Aqsa dan menyampaikan apresiasi kepada pengurus Masjid Al-Aqsa yang menolak untuk tunduk dibawah ketiak Israel.

Sementara itu, warga Palestina di desa Bil'in juga mengadakan shalat Jumat dan aksi solidaritas untuk Al-Aqsa. Aksi tersebut didukung oleh sejumlah aktivis Yahudi untuk perdamaian.

Di Beirut, aksi bela Al-Aqsa juga terjadi di kamp pengungsi selatan Lebanon dan dimotori oleh gerakan Jihad dan Hamas.  Sementara itu, di kota Rafah sejumlah warga yang tergabung dalam Jihad Islam mengadakan aksi solidaritas untuk Al-Aqsa serta menolak deskriminasi terhadap warga Palestina di Al-Quds.

Disebutkan bahwa Masjid Al-Aqsa yang untuk pertama kalinya ditutup Jumatl lalu (14/07/2017), kembali dibuka dua hari kemudian. Namun Israel memasang pintu pemeriksaan dan hanya mengizinkan warga Palestina yang berusia 50 tahun keatas untuk masuk dan menunaikan shalat di Masjid Al-Aqsa.

Syarat yang diberlakukan Israel tersebut  menuai protes besar oleh pemerintah dan masyarakat Palestina dimana sejumlah faksi dan lembaga serta tokoh agama mengajak masyarakat Palestina mengadakan aksi bela Al-Aqsa usai Sholat Jumat kemarin.

 

Laporan wartawan SPNA: Abdel Hamid Akkila

Penerjemah: Rizky Syahputra

leave a reply