Pameran Foto di Pelabuhan Gaza

Jalur Gaza, SPNA -  Bertempat di Pelabuhan Gaza, Menteri Kebudayan Palestina membuka pameran foto bertajuk “1000 Gambar Kota yang Terkepung.”

BY Edited Mon,31 Jul 2017,12:51 PM
1.JPG

SPNA - Gaza City

Jalur Gaza, SPNA -  Bertempat di Pelabuhan Gaza, Menteri Kebudayan Palestina membuka pameran foto bertajuk “1000 Gambar Kota yang Terkepung.”

Koresponden Suara Palestina, Reham Abu Ajwah melaporkan bahwa 1000 foto tersebut adalah kumpulan gambar kota Gaza yang diambil oleh fotografer profesional Muhammad Fadi sejak 2007 silam.

Dalam wawancara dengan Suara Palestina Fadi mengatakan, “Saya gemar mengabadikan kehidupan warga Gaza yang hidup  dibawah tekanan Israel namun tak menyerah. Secercah harapan masih terlihat dari mata dan senyum mereka. Saya suka mengambil gambar anak-anak Gaza yang bermain riang atau gambar pemandangan Gaza yang indah.”

“Ketika perang Gaza 2014 lalu, saya berfikir untuk memamerkan foto-foto yang sudah saya kumpulkan.  Menteri Kebudayaan juga menyambut baik rencana ini,” tambahnya. 

Fadi mengatakan bahwa pameran ini bertujuan mengubah stereotip media terhadap Jalur Gaza yang selama ini identik dengan medan perang. Kami ingin memperlihatkan sisi lain dari Gaza, seperti keindahan dan kebudayaan disamping anak –anak yang menjadi korban perang.

“Kami ingin berpesan, meski masyarakat Gaza telah lama mengalami deskriminasi, pertumpahan darah, pemboman dan penghancuran oleh Israel, namun mereka mampu bangkit. Rakyat Gaza berhak memperoleh kemerdekaan, merasakan kehidupan yang layak dan jauh dari perang,” imbuhnya.

Disebutkan bahwa sejak blokade Israel 2007 lalu, Gaza harus menghadapi serangkaian peperangan melawan Israel, yaitu dua perang terakhir pada tahun 2008 dan 2014, yang memakan korban sipil sebanyak 2323 jiwa.

 

Laporan wartawan SPNA: Reham Abu Ajwa

Penerjemah: Rizky Syahputra

leave a reply
Posting terakhir