Angkatan Bersenjata Cina peringati hari jadi ke-90 di Ramallah

Ramalllah, SPNA – Selasa (01/08/2017), sebuah forum dalam rangka memperingati hari jadi Angkatan Bersenjata Cina yang ke-90, digelar di kota Ramallah.

BY Edited Thu,03 Aug 2017,12:14 PM
6.jpg

Bernama.com - Gaza City

Ramalllah, SPNA – Selasa (01/08/2017), sebuah forum dalam rangka memperingati hari jadi Angkatan Bersenjata Cina yang ke-90, digelar di kota Ramallah. Media Cina Xinhua melansir bahwa forum tersebut sebagai penghargaan kepada anggota militer Palestina yang telah menjalani latihan khusus di Cina belum lama ini.

Dubes Cina untk Palestina, Chen Xingzhong, mengungkapkan bahwa forum tersebut digelar guna mempererat hubungan Cina-Palestina, serta meningkatkan peran Cina dalam menata perdamaian, stabilitas dan perkembangan di kawasan tersebut, melalui  peningkatan upaya perdamaian dan pembangunan jangka panjang.

Chen menuturkan bahwa tujuan utama dibentuknya Angkatan Bersenjata adalah untuk memelihara dan  menjaga perdamaian. Cina berkeinginan bisa menyaksikan perdamaian ini tersebar luas di muka bumi, khususnya melalui Belt and Road Initiative (BRI), yang melihat Palestina dan Israel sebagai mitra yang potensial.

 “Saat ini, bersama-sama kita merayakan dan mengingat kebahagiaan dan kesukseskan kalian saat di Beijing atau kota lainnya di Cina, serta untuk membicarakan pencpaian yang telah diraih oleh Cina dan pembangunan Angkatan Daratnya,” ungkap Chen.

Chen menekankan, pentingnya empat poin usulan Presiden Cina Xi Jinping, melalui mekanisme komprehensif yang akan menjamin keadilan, perdamaian abadi, pembangunan dan kemakmuran.

Wakil kepala Angkatan Bersenjata Palestina, Haj Ismail Jaber, menguangkapkan terima kasih dan apresiasi yang besar kepada Cina atas pengalaman yang “unik dan tak tertandingi” yang telah diberikan kepada militer Palestina. Ia berharap Cina bisa lebih sukses dalam upayanya menjaga stabilitas dan perdamaian.

Ia pun mendesak Cina agar “mengambil posisi yang lebih kuat untuk mewujudkan perdamaian dan menekan Israel guna tercapai perdamaian di Timur Tengah.”

Forum ini dihadiri pula oleh Sekretaris Jenderal Kepresidenan Palestina, Tayeb Abdelrahim, yang berbicara dengan lebih menekanlan pada ikatan bersejarah kedua negara. Tidak lupa ia menghaturkan selamat atas hari jadi ke-90 Angkatan Bersenjata Cina.

Abdelrahim mengatakan pula bahwa Road and Belt Initiative akan mengantarkan kawasan tersebut menuju kemakmuran, sebab Cina ingin melihat dunia tumbuh bersama karena adanya perdamaian dan pengaruh positif dari program ini.

Menurut data resmi komisi pelatihan Militer Palestina, selama tahun 2016 sebanyak 33 pelatihan digelar militer Palestina di Cina. Sementara itu, pada tahun 2017, diperkirakan jumlah tersebut akan meningkat hingga 60 pelatihan.


Penerjemah: Ratna

leave a reply
Posting terakhir

Peringati Hari Syuhada, Hamas: Perlawanan Bersenjata Satu-Satunya Pilihan

"Pada peringatan 18 tahun syahidnya Sheikh Ahmed Yassin, kata-kata dan arahannya masih hidup dalam jiwa dan pikiran generasi saat ini, di Palestina dan di luar negeri, berdenyut dengan perlawanan, kemauan dan ketabahan." Tulis Hamas dalam pernyataan resmi menjelang peringatan hari meninggalnya Syekh Ahmad Yasin, pendiri Hamas.