Demi menghidupi keluarga, wanita Mesir ini ubah penampilan dan menjual ginjalnya

Mesir, SPNA – Lima tahun sudah, Baheya Ali Suleiman merubah penampilannya layaknya seorang pria dan menekuni pekerjaan kasar demi menghidupi keluarganya. Tidak hanya itu, ia pun rela menjual ginjal demi melunasi hitang-hutangnya.

BY 4adminEdited Fri,04 Aug 2017,06:21 PM

Egypian Streets - Mesir

Mesir, SPNA – Lima tahun sudah, Baheya Ali Suleiman merubah penampilannya layaknya seorang pria dan menekuni pekerjaan kasar demi menghidupi keluarganya. Tidak hanya itu, ia pun rela menjual ginjal demi melunasi hitang-hutangnya.

Dalam sebuah talkswoh awal pekan ini, wanita berusia 32 tahun itu berbagi cerita mengenai kisah hidupnya.

Suleiman menuturkan bagaimana dia "berperan sebagai ibu" hingga pada taraf yang sangat memprihatinkan. Berbagai upaya yang tak terbayangkan ditempuhnya guna memenuhi kebutuhan hidup di tengah kemiskinan yang mengancam keluarganya.

 “Awalnya saya bekerja di bidang kosntruksi dengan mengenakan abaya dan kerudung,” tutur Suleiman. Namun dengan penampilan seperti itu, ia malah dilecehkan.

Ia pun memutuskan untuk merubah penampilan dengan memotong pendek rambutnya dan berpakaian layaknya pria. Semua itu dilakukan agar ia dapat leluasa bekerja di bidang konstruksi, demi menghidupi ketiga anaknya dan suaminya yang cacat.

Rekan kerjanya memanggilnya dengan sebutan ‘Bakar,’ dan tak seorangpun memanggilnya dengan nama Baheya.

“Saat saya menyaksikan para wanita dengan pakain mereka yang feminim, hati saya terasa miris,” ungkapnya, saat presenter menanyakan tidakkah ia merindukan berpenampilan layaknya wanita pada umumnya.

Selain di bidang konstruksi, Suleiman juga bekerja sebagai pengemudi “toktok” - kendaraan berkabin dengan roda tiga, yang digunakan untuk mengantar penumpang. Sayangnya, kendaraan ini harus disita polisi dengan alasan “tidak ada izin resmi.” Agar bisa mengambil kembali kendaraannya, Suleiman harus mengeluarkan uang tebusan sebesar EGP 3.000 ($ 168). Akibat lilitan hutang dan kesulitan hidup ini, Suleiman memutuskan menjual ginjalnya seharga EGP 25,000 ($US1,401).

“Sejak ginjal saya terjual, saya lebih mudah lelah dan kerap kali tidak mampu berdiri,” keluhnya.

Kehadiran Suleiman dalam talkshow tersebut seolah menampar masyrakat Mesir. Gubernur Bani Suef akhirnya mengumumkan bahwa pihaknya akan menyediakan sarana kehidupan yang layak bagi keluarga Suleiman dan membantunya untuk keluar dari kesulitan.

(T.RA/S: Egypian Streets)

leave a reply
Posting terakhir