Negara Palestina Pernah Memiliki Mata Uang, Menjadi Benda ...

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Tue,29 Mar 2016,08:36 AM

Negara Palestina Pernah Memiliki Mata Uang, Menjadi Benda Kuno Bernilai Sejarah Sangat Berharga, Bernama.

Suarapalestina. Dimasa seperti saat ini, Negara Palestina atau Daulah Filistin pernah memiliki mata Uang dengan nilai yang sangat tinggi, tidak pernah diterpa KrisMon alias krisis moneter,

Mata uang Palestina dengan nama Pound Paletine (Jenaih Filistin), Nilai nya sangat tinggi setara dengan nilai Esterlini Pound yaitu mata uang United Kingdom/Britani, Mata uang Palestina sendiri di cetak di Currency Board Palestine atau Sistem Dewan Mata Uang Palestina pusatnya di Palestina.

Dimasa sepertinya, tepatnya tahun1998 Mata uang bernama Pound Paletine dibekukan dan ditarik dari peredarannya, baik fungsi jual beli dan tidak beredar di pasar regional, hal ini dikarenakan mengguritanya jajahan Israel atas tanah Palestina hingga otonami daerah.

Saat terjadi kevakuman peredaran mata uang Palestina di pasar regional pada tahun 1967, pemerintah Mesir order Gamal Abdel Naser berinisiatif menggantikan sementara mata uang Pound Palestina dengan Pound Mesir, tidak berlangsung lama Pound Mesir beredar di Palestina, pada tahun yang sama Pound Mesir di cabut dan diganti dengan mata uang penjajah Israel yaitu New Shuqailin Israeli alias Sheqel, kini di Palestina alat tukar dan jual beli menggunakan mata uang Israel.

Pound Palestina kini hanya menghiasi rak-rak peninggalan bernilai tinggi, menjadi benda kuno yang sangat berharga, sangat beruntung bagi warga Palestina yang masih menyimpan mata uang Palestina dengan nama Pound Palestina (Jenaih Filistin), karena 10 Pound Palestina akan dihargai 10.000 USD senilai dengan Rp.130.000.000.

 

 

 

 

leave a reply