Pameran foto  aktivitas nelayan di pelabuhan Gaza

Jalur Gaza, SPNA - Untuk mendapatkan gambar yang bagus maka yang dibutuhkan adalah fotografer profesional dan kamera yang bagus. Demi merekam jejak dan perjuangan nelayan Palestina,....

BY 4adminEdited Mon,28 Aug 2017,10:40 AM

Jalur Gaza, SPNA - Untuk mendapatkan gambar yang bagus maka yang dibutuhkan adalah fotografer profesional dan kamera yang bagus. Demi merekam jejak dan perjuangan nelayan Palestina, Fotografer Palestian membuat pameran fotografi berjudul ‘’Mata Pancing’’ di pelabuhan Gaza, Rabu (23/08/2017).

Foto-foto tersebut adalah adalah hasil jepretan Khalid Abu Jadyan yang ikut berlayar untuk merekam akitivitas nelayan Gaza dilaut.

Foto-foto itu juga merupakan saksi pelanggaran Israel terhadap nelayan yang diburu ketika sedang mencari ikan dimana sebagian mereka ditangkap bahkan dibunuh.

Sejak tahun 2017 Israel menembak mati dua nelayan bernama Muhammad Bakr dan Muhammad al-Hassi serta menangkap 23 lainnya dan menghancurkan 6 buah perahu.

 ‘’Selama enam bulan saya ikut pergi ke laut demi mengabadikan aktivitas nelayan. Perjalanan tersebut benar-benar sangat sulit dan mencekam. Kami diburu patroli laut Israel, perahu kami ditembak namun ini tidak melemahkan  semangat nelayan Palestina untuk mencari ikan.’’

Ia menambahkan, ‘’Keteguhan para nelayan memotivasiku untuk terus bersama mereka. Sebenarnya berdasarkan aturan, Israel dilarang menembak nelayan namun yang kami saksikan adalah kematian dan penangkapan yang dapat terjadi kapanpun diatas laut.’’

Jadyan menegaskan bahwa pameran ini berisi pesan bahwa nelayan akan tetap teguh meski dibawah tekanan Israel. (T.RS)

Laporan Riham Abu Ajwah

leave a reply
Posting terakhir
1.JPG

Pameran Foto di Pelabuhan Gaza

Jalur Gaza, SPNA -  Bertempat di Pelabuhan Gaza, Menteri Kebudayan Palestina membuka pameran foto bertajuk “1000 Gambar Kota yang Terkepung.”