Kunjungan warga Yahudi ke Al-Aqsa berpotensi cetuskan Intifada

Tel Aviv, SPNA - Anggota partai sayap kanan  Israel memperingatkan pemerintah berkuasa jika anggota perlemen Israel tidak berhenti menyerbu al-Aqsa akan menimbulkan intifada dan petumpahan darah.

BY adminEdited Tue,29 Aug 2017,11:00 AM

Tel Aviv, SPNA - Anggota partai sayap kanan  Israel memperingatkan pemerintah berkuasa jika anggota perlemen Israel tidak berhenti menyerbu al-Aqsa akan menimbulkan intifada dan petumpahan darah.

Dalam wawancara dengan TV7 Israel,  PM Museh Ghaffani, Senin (28/08/2017) mengatakan ‘’Berdasarkan hukum Taurat, warga Yahudi dilarang mengunjungi bukit Haikal (Masjid al-Aqsa). Bukit Haikal adalah tempat yang paling seci bagi kaum Yahudi karena mereka dilarang masuk.’’

Sebagian sekte Yahudi berkeyakinan bahwa warga Yahudi tidak boleh mengunjungi Masjid al-Aqsa hingga akhir zaman dimana Haikal Sulaiman dibangun.

Ghaffani menambahkan bahwa kunjungan  Yahudi ke al-Aqsa dapat membawa masalah ke Israel dan mengakibatkan meletusnya intifada seperti yang terjadi sebelumnya. ‘’Kunjungan Yahudi ke al-aqsa membuat sleuruh umat Islam di seluruh dunia memusuhi Yahudi’’.

Ghaffani menyatakan hal ini setelah PM Israel mengizinkan anggota parlemen untuk masuk ke al-Aqsa  selama sehari, selasa besok.

Sebelumnya Netanyahu melarang anggota parlemen Kneset dan tokoh poltik Israel  untuk mengunjungi Masjid al-aqsa akibat bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel di kota al-Quds.

Sementara itu anggota partai Likud Yehudi Gilik dan Shouli Maalim dari Jews Houses menuntut Netanyahu untuk mengiznkan anggota parlemen Knesset mengunjungi al-aqsa.

Ghaffani menyebut bahwa anggota parlemen yang menuntut masuk ke al-Aqsa tersbeut dengan sebutan tolol. ‘’Saya mengutuk keras keputusan Netanyahu ini. Netanyahu terbukti bodoh dan tidak bertanggung jawab ,’’tegasnya.

Semenatar itu Lembaga Keagamaan di kota al-Quds juga mengutuk keputusan Netanyahu tersebut.

 ‘’Kami menyerukan warga seluruh warga Palestina untuk beramai-ramai berkunjung ke al-Aqsa khususnya hari Selasa besok demi memakmurkan dan menjaga kiblat pertama umat Islam tersebut.’’

(T.RS/S:AnadoluAgency)

leave a reply