Erdogan akan bawa kasus genosida warga Rohingnya ke sidang Majelis Umum PBB

Istanbul, SPNA - Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan, Senin (04/09/2017) menyatakan bahwa Turki akan membawa kasus genosida muslim Rohingnya ke meja sidang....

BY adminEdited Tue,05 Sep 2017,10:01 AM

Istanbul, SPNA - Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan, Senin (04/09/2017) menyatakan bahwa Turki akan membawa kasus genosida muslim Rohingnya ke meja sidang Majelis Umum PBB yang akan berlangsung bulan ini.

‘’Masyarakat dunia hanya bisa diam melihat pembantaian yang berlaku terhadap umat Islam di Rohingnya, dan kita sebagai bangsa Turki telah memberikan bantuan kemanusiaan ke sana melalui Bulan Sabit Merah dan kita akan terus membantu mereka,’' sebutnya dalam pidatonya di depan gedung AKP di Istanbul.

‘’Kami akan menjadikan krisis kemanusiaan di Myanmar dalam prioritas utama dalam sidang Majelis Umum PBB mendatang. Kami telah berkoordinasi dengan 20 pemimpin dunia untuk membahas situasi di Rohingnya namun tidak semuanya dari mereka peka terhadap krisis tersebut.’’

Sejak 25 Agustus lalu pasukan Myanmar telah melakukan genosida terhadap warga muslim Rohingnya di Arkan. Hingga saat ini belum ada kejelasan terkait korban jiwa meskpiun Dewan Eropa untuk Rohingnya menyebutkan bahwa dua hingga tiga ribu warga muslim Rohingnya merenggang nyawa akibat pembantai yang dilakukan militer Myanmar.

Sebelumnya komisaris Tinggi PBB untuk urusan pengungsi mengatakan bahwa 87.000 pengungsi Rohingnya telah melarikan diri ke Bangladesh dan terdampar di perbatasan. (T.RS/S: Anadolu Agency)

leave a reply
Posting terakhir