Jamal Khudari: 80% warga Gaza hidup dibawah garis kemiskinan

Jalur Gaza, SPNA – Ketua Komisi Rakyat Anti-blokade, Jamal Khudari mengatakan, blokade terhadap Gaza telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan di Gaza.

BY adminEdited Sat,09 Sep 2017,11:26 AM

Jalur Gaza, SPNA – Ketua Komisi Rakyat Anti-blokade, Jamal Khudari mengatakan, blokade terhadap Gaza telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan di Gaza.

Khudari menambahkan bahwa 80% penduduk Gaza hidup dibawah garis kemiskinan serta persentase pengangguran mencapai 60%.

 ‘’Ribuan pemuda Gaza yang selesai dari kulyah, hari ini menjadi pengangguran, mereka tidak menemukan lapangan kerja dan peluang untuk mengaplikasikan bakat dan kemampuan mereka.’

Ia menambahkan bahwa krisis listrik di Gaza sangat berdampak dalam sektor kesehatan, sosial, politik dan ekonomi.

Perekenomian Gaza saat ini dalam posisi stagnasi. Kerugian mengancam sektor. Bahkan beberapa pabrik menderita rugi jutaan Dollar dan terpaksa tutup buku.

Sektor kesehatan di Gaza juga sangat memprihatinkan. Obat-obatan dan alat-alat medis di Gaza tidak cukup memenuhi kebutuhan pasien namun pada saat Israel mempersulit bagi pasien yang hendak berobat keluar wilayah Gaza.

Menurutnya,  solusi penanggulangan krisis tersebut mengharuskan seluruh warga Palestina untuk turun tangan membantu  warga Gaza serta mengakhiri perpecahan dan mewujudkan rekonsiliasi dan Palestina bersatu  demi meringankan derita rakyat.

Ia juga menuntut blokade terhadap Gaza yang telah berlangsung selama 10 tahun dihapuskan serta menyerukan pembentuk dana darurat untuk membantu  perekonomian Gaza.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply