Badai Irma hantam Florida Keys

Florida, SPNA - Badai Irma kategori 4, menghantam Florida Kays, Ahad pagi (10/09/2017)......

BY adminEdited Mon,11 Sep 2017,12:43 PM

Florida, SPNA - Badai Irma kategori 4, menghantam Florida Kays, Ahad pagi (10/09/2017). Badai tersebut berhasil merobohkan dan mematahkan pepohonan, menyebabkan gelombag yang menyeret air laut hingga menggenangi jalan-jalan di tepi laut. Florida Keys adalah kepulauan karang di lepas pantai selatan Florida (negara bagian Amerika Serilat), yang membentuk bagian selatan benua Amerika.

Para pejabat sangat khawatir bahwa badai Irma, yang berkecepatan 130 Km/jam, telah menghancurkan Florida Keys. National Weather Service melaporkan bahwa mata badai tersebut telah melintas 20 mil dari Key West, melewati Big Pine, Summerland dan Cudjoe Keys.

Setelah badai berlalu, hujan turun di jalan Duval di Key West, yang menyebabkan genangan air setinggi beberapa senti di jalan tersebut.

Pejabat Monroe County pada Ahad malam mengatakan bahwa mereka telah menghubungi misi bantuan udara, agar mengirimkan bantuan darurat dan personil. Saat ini, prioritas utama adalah membuka kembali dua bandara Florida Key; agar misi bantuan bisa samapi dengan menggunakan pesawat kargo militer C-310 dan pesawat lainnya.

"Ini adalah krisis kemanusiaan," Direktur Manajemen Darurat Monroe County Martin Senterfitt menuturkan dalam sebuah pernyataan, dan "bantuan sedang dalam perjalanan."

Setelah badai mereda, para pekerja memeriksa sistem pengairan dan pada hari Ahad sore mereka meminta warga untuk memasak air minum, jika seandainya sistem pengairan di Florida Keys berada dalam bahaya.

Pejabat setempat menuturkan bahwa perairan dipenuhi oleh puing-puing akibat badai dan sangat berbahaya bagi navigasi kapal.

"Perairan dekat pantai Monroe County sangat berbahaya bagi navigasi di beberapa bagian Florida Keys dengan adanya puing-puing, kapal tenggelam, dan kapal lepas," kata pejabat daerah dalam sebuah pernyataan. "Jangan bawa kapal ke Florida Keys,” imbuhnya.

Setengah dari perekonomian Florida Keys sangat bergantung pada industri pariwisata, yaitu  senilai $ 2,7 miliar.

Sementara di tepi laut Key West (ujung selatan Florida Keys), beberapa perahu layar tampaknya telah terlepas dari tambatan dan terbentur di dermaga beton.

Tahun ini menjadi yang pertama kali bagi Amerika Serikat, di mana negeri Paman Sam tersebut dihantam badai Kategori 4, yaitu Harvey dan Irma.

Prakiraan cuaca menunjukkan bahwa Key West akan akan mengahadapi badai besar. Sebanyak 460 tahanan telah dievakuasi pekan lalu dari wilayah tersebut. Wisatawan diperintahkan keluar dari Florida Keys pada hari Rabu pekan lalu, yang diikuti oleh penduduk, meskipun banyak yang menolak untuk pergi saat badai mendekat. (T.RA/S: USA Today)

leave a reply