اعلان 1

Ismael Haniya bahas situasi Gaza dengan Pemerintah Mesir

Kairo, SPNA - Seorang narasumber Hamas yang tidak disebutkan namanya, Senin (11/09/2017) melaporkan bahwa Ketua Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam Hamas, ....

Edited Sep 13,2017 10:39

Kairo, SPNA - Seorang narasumber Hamas yang tidak disebutkan namanya, Senin (11/09/2017) melaporkan bahwa Ketua Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam Hamas, Ismail Haniyah, telah bertemu pejabat tinggi Mesir di Kairo untuk membahas situasi keamanan di perbatasan Gaza dan pembukaan perbatasan Rafah.

Pertemuan tersebut terjadi setelah normalisasi hubungan antara Hamas dan Mesir yang sempat tegang sejak pemakzulan mantan Presiden Mesir Muhammah Mursi.

Ia menambahkan bahwa Haniya telah melakukan sidang dengan sejumlah pejabat tinggi Mesir yang dipimpin oleh Ketua Badan Intelejen  Khalid Fauzi. Pertemuan tersebut juga membahas rekonsiliasi Palestina dan krisis di Jalur Gaza, seperti dilansir AFP. 

Disebutkan Juni lalu Hamas mendirikan zona aman di sepanjang perbatasan Gaza dan Mesir dalam rangka normalisasi dengan Kairo.

Hamas jga menyatakan siap untuk tunduk kepada komite adminsitratif Palestina dengan syarat Abbas bersedia mencabut hukuman terhadap Gaza.

Dalam konteks lain disebutkan bahwa Haniya juga mengepalai Sidang Eksekutif Hamas di Kairo yag membahas isu-isu internal dan krisis di Gaza. (T.RS/S:Arab48)

leave a reply