Setelah tampil live dengan Aa Gym di MQ Tv, Bang Onim disambut Kang Aher di rumah dinasnya

Abdillah Onim melakukan silaturrahmi ke sejumlah tokoh agama dan pejabat pemerintahan yang selama ini cukup banyak berkontribusi dalam membantu kaum muslimin di Palestina.

BY Rara Atto Edited Sun,17 Sep 2017,05:15 PM
Setelah tampil live dengan Aa Gym di MQ Tv, Bang Onim disambut Kang Aher di rumah dinasnya

SPNA - Bandung

Bandung, SPNA – Kedatangan Abdillah Onim atau yang akrab disapa “Bang Onim” di Bandung, ibukota Jawa Barat bertujuan untuk bersilaturahmi dengan sejumlah tokoh agama dan pejabat pemerintahan yang selama ini cukup banyak berkontribusi dalam membantu kaum muslimin di Palestina.

Bang Onim adalah WNI yang sudah menetap lama di Jalur Gaza Palestina, dan berprofesi sebagai aktivis kemanusiaan, disamping saat ini menjabat sebagai Direktur Kantor Berita Suara Palestina yang secara rutin mengambarkan informasi terkini seputar Palestina.

Setelah beristirahat selama dua hari di Cottage Darul Jannah dalam area pesantren Daarut Tauhid (DT) Bandung, maka bakda subuh, Jum’at (15/09/2017), Bang Onim diminta langsung oleh KH Abdullah Gymnastiar tampil bersama secara live di MQ Tv membawakan ceramah agama plus membahas informasi terbaru tentang nasib kaum muslimin di Jalur Gaza Palestina, termasuk progress report atau laporan terkait implementansi bantuan kemanusiaan yang diberikatan dari Dompet Peduli Umat (DPU DT) kepada rakyat Palestina melalui Bang Onim.

Acara pengajian Aa Gym saat itu dikemas dalam bentuk dialog, antara Aa Gym dan Bang Onim yang sesekali diselingi dengan candastawa. Aa Gym menyimak dengan seksama laporan Bang Onim terkait situasi terkini di Palestina yang masih dalam jajahan Israel tersebut.

Di awal pemaparannya Bang Onim menyampaikan salam hormat dan perdamaian dari rakyat Palestina kepada masyarakat Indonesia  termasuk kaum muslimin yang ada di Bandung.

“Saya menyampaikan salam hormat dan perdamaian dari rakyat Palestina untuk kaum muslimin yang ada di Indonesia,”tutur Bang Onim.

Setelah pemaparan singkat oleh Bang Onim, ratusan  hadirin yang memadati masjid DT yang sedang dalam renovasi itu, dipersilahkan untuk bertanya langsung kepada Bang Onim seputar Palestina serta  kiprah Bang Onim di sana.

Saat itu, tema sesi pengajian Aa Gym sepenuhnya membahas tentang Palestina. Di akhir pengajian, Bang Onim memperkenalkan keluarga yang terdiri dari isteri yang berkewarganegaraan Palestina, dan kedua anakanya, Filin (5) dan Nusantara (3), kepada Aa Gym dan Jamaah, juga kepada pemirsa MQ Tv.

Untuk mengabadikan hubungan baik antara Palestina dan Indonesia, maka Bang Onim menamai puteri pertamanya dengan nama Filin yang merupakan singkatan dari Palestina Indonesia, demikian pula puteranya bernama Nusantara yang merupakan nama lain dari Indonesia.

Hadirin sangat antusias menyimak setiap penuturan Bang Onim. Hal itu ditandai dari  respon Jemaah yang mengajukan perntayaan di akhir acara, demikian pula dari  pemirsa MQ Tv.

Silaturahmi ke Kang Aher

Pertemuan selanjutnya dengan Bapak Ahmad Heryawan, Gubernur Provinsi Jawab Barat yang di media massa lebih dikenal dengan panggilan “Kang Aher.” Pada pukul 07.30 pagi di hari Ahad (17/09/2017), Kang Aher menerima kunjungan silatarhim Bang Onim beserta keluarga.

Penerimaan Kang Aher tampak sangat bersahaja, dan jauh dari kesan resmi sebab kunjungan ini berlangsung  di hari Ahad, dan  di rumah dinas atau yang dikenal dengan sebutan Gedung Negara Pakuan yang indah nun asri.

Sesaat setelah bersalaman, Kang Aher langsung meminta Bang Onim beserta rombongan untuk menyantap  hidangan sarapan pagi. Saat menikmati hidangan, Kang Aher sesekali menyapa -dengan akrab dan penuh canda – keluarga Bang Onim dalam bahasa Arab.

Kepiawaian Kang Aher dalam berbahasa Arab membuat suasana semakin cair dan terkesan lebih akrab antara satu sama lain.

Setelah sarapan,  Bang Onim menjelaskan kepada  Kang Aher seputar problematika terbaru yang dihadapi oleh bangsa Palestina yang sedang berjuang menuju kemerdekaannya.

Penjelasan Bang Onim tidak jauh berbeda dengan apa yang telah ia paparkan kepada para tokoh sebelumnya, termasuk saat bertemu dengan Bapak Fahcri Hamzah, Wakil Ketua DPR RI di Senayan beberapa waktu lalu.

Kang Aher menanggapi secara positif bahwa ke depan akan tetap berkontribusi membantu rakyat Palestina, baik secara pribadi, atau dalam kapasitasnya sebagai pemimpin. Kang Aher juga menyimak dengan seksama laporang Bang Onim tentang implementasi bantuan program khusus untuk anak yatim yang pernah dibantu oleh Kang Aher.

Tidak lama berselang, isteri Kang Aher, Ibu Netty Prasetiani  muncul, dan langsung duduk disamping isteri Bang Onim. Suasana semakin akrab antara dua keluarga yang memiliki kesamaan visi dalam membantu kaum muslimin Palestina.

Netty sempat mengajak  kedua anak Bang Onim untuk bermain di taman, dan mereka berdua mendapat hadiah mainan yang cukup membuat keduanya tampak sangat  senang.

Terkait tentang dukungan terhadap Palestina, kepada SPNA, Netty mengatakan, “Tentu saja kita harus tetap fokus membantu rakyat Palestina dalam meraih kemerdekaannya. Dan kita harus tetap membantu semampu yang kita bisa.”

Netty juga memberikan dukungan dan pesan  khusus kepada para wanita Palestina yang dengan merekalah harapan generasi pejuang Palestina diharapkan tumbuh dengan baik dan kuat.

“Tetaplah semangat dalam melahirkan serta mendidik generasi baru pejuang Palestina,” demikian salah satu pesan Netty.

Di akhir pertemuan, diadakan sesi photo bersama untuk mengabadikan keakaraban antara keluarga Bang Onim dan keluarga Kang Aher yang terlebih dahulu pamit karensa akan menghadiri sebuah acara di Ciamis.

(IZ/02/SPNA)

leave a reply
Posting terakhir

10 Tahun bantu rakyat Palestina di Gaza, Dubes Palestina apresiasi kinerja Bang Onim

Jakarta, SPNA - Setelah menjalani agenda yang cukup padat selama di Indonesia guna memberi pencerahan tentang urgensi dukungan umat muslim Indonesia untuk kemerdekaan Palestina dan Masjid Al- Aqsa, Abdillah Onim atau yang akrab disapa “Bang Onim,” Kamis, 15 Maret 2018 menjelang Zuhur, diterima oleh Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Mr. Zuhair S.M. Al Sihun di Kantor Kedutaan Besar Palestina yang beralamat di kawasan Menteng Jakarta Pusat.