Warga Palestina salurkan bantuan untuk 1000 pengungsi Rohingya

Koks Bazar, SPNA - 1400 pengungsi Rohingya yang melarikan diri ke Bangladesh mendapatkan bantuan kemanusiaan dari warga Palestina.

BY 4adminEdited Tue,19 Sep 2017,10:48 AM

Koks Bazar, SPNA - 1400 pengungsi Rohingya yang melarikan diri ke Bangladesh mendapatkan bantuan kemanusiaan dari warga Palestina.

Portal Arab48, Senin (18/09/2017) melaporkan bahwa NGO Palestina IPHS bekerjasama dengan Badan Kemanusiaan Turki, Sadaka Tasi untuk memberikan bantuan kemanusiaan baik dalam bentuk pangan atau  keuangan bagi pengungsi Rohingya di kota Koks Bazar, Tenggara Bangladesh.

Setidaknya 400 warga Rohingya telah mendapatkan bantuan pangan dan 1000 KK lainnya mendapat bantuan keuangan.

Disebutkan bahwa kamp pengungsi Sadaka Tasi dan IPHS adalah salah satu kamp pengungsi terbesar yang menampung 90.000 warga Rohingya.

Hagi Dursun, dari kru Sadaka Tasi melaporkan bahwa pengungsi Rohingya di Koks Bazar semakin bertambah pesat.

Ia menambahkan bahwa Sadaka Tasi akan berangkat ke perbatasan Bangladesh dan Myamar untuk menyalurkan bantuan darurat kepada warga.

‘’Warga Rohingya hidup dalam kondisi memprihatinkan, mereka tidak memiliki tempat tinggal, makanan dan obat-obatan, ’’ keluhnya.

Sebelumnya juru bicara PBB, Stephanie Dujarric dalam konferensi pers di New York melaporkan bahwa pemerintah Myanmar hingga saat ini masih melarang lembaga kemanusiaan  untuk masuk ke wilayah Rakhine dengan dalih masih melakukan operasi kemananan.’’

Dujarric menambahkan bahwa 300.000 warga muslim Rakhine membutuhkan bantuan pangan serta menuntut lembaga internasional untuk memberikan bantuan kepada warga Muslim Rohingya yang melarikan diri penindasan pasukan Myanmar.

Sejak 25 Agustus lalu pasukan Myanmar telah melakukan genosida terhadap warga muslim Rohingya di Arkan. Hingga saat ini belum ada kejelasan terkait korban jiwa meskpiun Dewan Eropa untuk Rohingya menyebutkan bahwa dua hingga tiga ribu warga muslim Rohingya merenggang nyawa akibat pembantai yang dilakukan militer Myanmar.

Sebelumnya komisaris Tinggi PBB untuk urusan pengungsi mengatakan bahwa 87.000 pengungsi Rohingya telah melarikan diri ke Bangladesh dan terdampar di perbatasan. (T.RS/S:AA)

leave a reply
Posting terakhir