Takut diadili, lobi Israel cegah Palestina masuk ke Interpol

Ramallah, SPNA - TV2 Israel melaporkan bahwa pemerintah Israel melakukan lobi untuk mencegah Palestina bergabung dengan Interpol.

BY adminEdited Mon,25 Sep 2017,10:00 AM

Ramallah, SPNA - TV2 Israel melaporkan bahwa pemerintah Israel melakukan lobi untuk mencegah Palestina bergabung dengan Interpol.

Sejak beberapa minggu terakhir, Israel dilaporkan telah melakukan kampanye dibalik layar memaksa negara-negara internasional agar menolak permohonan Palestina untuk bergabung ke interpol. 

Sementara itu Menteri Luar Negeri Palestina, dalam keterangannya Minggu (24/09/2017) mengecam lobi Israel tersebut.

Menlu Palestina menyatakan bahwa Israel khawatir jika Palestina bergabung dengan interpol sejumlah pejabat Israel yang melakukan kejahatan kemanusiaan di Palestina akan di giring ke meja hijau.

Menlu Palestina menambahkan bahwa sikap tersebut menunjukkan bahwa Israel berupaya menggagalkan solusi dua negara.

‘’Palestina akan terus meningkatkan perannya dalam forum internasional serta menuntuut keanggotaan penuh di PBB dan bergabung dengan organisasi dan badan internasional demi mengakhiri pendudukan Israel, ‘’ tegasnya.

Disebutkan bahwa sejak 2015 lalu pemerintah Palestina telah mengajukan permohonan untuk masuk ke Interpol untuk menggiring pejabat Israel yang melanggar hukum ke Pengadilan Internasional. 

Pemerintah Palestina berharap akan menjadi anggota Interpol dalam Sidang Majelis Umum PBB ke 86 di Beijing mendatang.

21 Agustus lalu kepala Kepolisian Palestina Hazim Athallah telah bertemu dengan Sekjen Interpol Jurgen Stock di kota Lion, Perancis tanggal. Athallah menyatakan bahwa Palestina telah memenuhi syarat untuk masuk ke Interpol. (T.RS/S:Arab48)

leave a reply
Posting terakhir