Hamas: Israel pihak yang paling diuntungkan dengan perpecahan Palestina

Jalur Gaza, SPNA - Gerakan perlawanan Islam, Hamas menyatakan bahwa Israel adalah pihak yang paling diuntungkan dengan perpecahan Palestina.

BY 4adminEdited Wed,04 Oct 2017,09:29 AM

Jalur Gaza, SPNA - Gerakan perlawanan Islam, Hamas menyatakan bahwa Israel adalah pihak yang paling diuntungkan dengan perpecahan Palestina.

Juru bicara Hamas, Hazem Qassim dalam konferensi pers di Gaza, Selasa (3/10/2017) mengatakan bahwa Israel adalah pihak yang berada dibalik perpecahan antar faksi di Palestina dan yang paling diuntungkan dengan perpecahan tersebut.

Sebelumnya PM Israel Benyamin Netanyahu menyatakan penolakannya terhadap rekonsiliasi Fatah dan Hamas jika mengancam eksistensi Israel.

Netanyahu juga menambahkan bahwa rekonsiliasi Hamas dan Fatah harus dilakukan dengan 3 syarat,  pertama: Mengakui pemerintahan Israel kedua: Hamas meletakkan senjata dan membubarkan sayap militer, ketiga: Palestina harus memutuskan hubungan diplomasi dengan Iran yang berencana membumihanguskan Israel.’’

Qassem menambahkan, ‘’Respon yang palig tepat atas pernyataan Nentanyahu tersebut adalah rakyat Palestina konsisten dengan persatuan dan kesatuan. Rakyat Palestina perlu mempersiapkan rancangan politik menghadapi pendudukan Israel.’’

Ketua Partai Jewish  Home, Naftali Bennet mencibir persatuan Fatah dan Hamas serta menuntut Israel untuk menghentikan anggaran keuangan kepada pemerintah Palestina

‘’Israel tidak semestinya menjadi pendukung gerakan teroris (Hamas).  Mahmoud Abbas lebih memilih berdamai dengan Hamas daripada dengan kami. Menyumbang dana untuk Hamas sama saja dengan menyumbang dana untuk ISIS,’’ kecamnya.

 Menanggapi hal ini Presiden Palestina, Mahmoud Abbas dalam wawancara dengan Stasiun TV Mesir mengatakan bahwa posisi Israel terhadap rekonsiliasi Palestina sangat kontradiksi. Disatu sisi Israel mengatakan perdamaian tidak mungkin dicapai kecuali dengan persatuan Palestina disisi lain Israel juga menolak normalisasi Hamas dan Fatah. (T.RS/S:Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir