PM Palestina adakan sidang mingguan di Jalur Gaza

Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah mewakili Pemerintah Palestina (PA), mengadakan pertemuan mingguan di gedung kementrian di Jalur Gaza, Selasa (03/10/2017). Pertemuan tersebut dihadiri seluruh Menteri dan Lembaga terkait.

BY Rizky SyahputraEdited Fri,06 Oct 2017,11:05 AM
PM Palestina adakan sidang mingguan di Jalur Gaza

PM Palestina adakan sidang mingguan di Jalur Gaza

Jalur Gaza, SPNA - Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah mewakili Pemerintah Palestina (PA), mengadakan pertemuan mingguan di gedung kementrian di Jalur Gaza, Selasa (03/10/2017). Pertemuan tersebut dihadiri seluruh Menteri dan Lembaga terkait.

Juru bicara PA, Yusuf Mahmoud dalam konferensi pers mengatakan bahwa Pemerintah Palestina tidak berniat untuk mengkhianati amanat nasional. Ia juga mengatakan bahwa Hamas dan Fatah akan melaksanakan sidang di Cairo minggu mendatang.

Mahmoud menambahkan bahwa PM Hamdallah telah meminta para Menteri untuk mempersiapkan laporan tahap awal terkait kebutuhan warga Gaza untuk kemudian dapat dieksekusi di lapangan. Sidang tersebut juga membahas soal krisis listrik, air serta pembangunan Gaza dan saat ini 3 lembaga telah diresmikan untuk mengatur operasional di perbatasan.

Hamdallah juga meminta penghapusan blokade terhadap Gaza, serta meminta masyarakat internasional mengerahkan upayanya mengakhiri krisis di Gaza. ‘’Ini adalah momen bersejarah untuk mengakhiri krisis di Gaza. ‘’

PA juga mengapresiasikan langkah Hamas terhadap inisiatif Presiden Mahmoud Abbas guna mengakhiri perepcahan.

Pertemuan tersbeut dihadiri sejumlah delegasi PBB yang diketuai oleh Koordinator Operasi Perdamaian Timur Tengah, Nikolai Mladenov dan Ketua Badan Intelejen Mesir Jendral Khalid Fawzi.

Sementara itu dilaporkan bahwa Hamdallah dalam pertemuan lainnya dengan pemuda Gaza mengatakan bahwa pemerintah Palestina akan mendirikan Bank Pembangunan yang dapat memberikan pinjaman tanpa bunga serta mendukung program produktivitas pemuda Gaza.

Hamdallah juga menambahkan bahwa pemerintah Palestina akan mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Alam (PLTG) di Gaza. ‘’Saat ini pemerintah Palestina sedang melakukan kerjasama dengan perusahaan Yunani terkait  eksploitasi gas alam di lepas pantai Gaza, dan kami berharap Israel tidak mengusik hal ini. ‘’

Akhir 90-an lalu sebuah ladang migas ditemukan di lepas pantai Gaza namun terbengkalai akibat tekanan Israel.

Hamdalalh juga mengatakan, pemerintahannya akan mendirikan perusahaan desalinasi air laut mediterania untuk Gaza.

Hamdallah tiba di Gaza Senin lalu dalam rangka menuntaskan program rekonsiliasi di Gaza paska pembubaran Badan Adminsitarasi Hamas.

 

Abdel Hamid Akkila

leave a reply
Posting terakhir