Palestina berpartisipasi dalam forum Ekonomi  dan Kooperasi Arab-Asia Tengah

Dushanbe, SPNA - Negara Palestina dan sejumlah negara Arab berpartisipasi dalam Forum Ekonomi dan Kooperasi Arab-Asia Tengah ke dua di Ibukota Tajikistan, Dushanbe, Senin (16/10/2017).

BY 4adminEdited Tue,17 Oct 2017,09:31 AM

Dushanbe, SPNA - Negara Palestina dan sejumlah negara Arab berpartisipasi dalam Forum Ekonomi dan Kooperasi Arab-Asia Tengah ke dua di Ibukota Tajikistan, Dushanbe, Senin (16/10/2017).

Delegasi Palestina dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Riyad Maliki serta ditemani Menteri Ekonomi Abir Audah, Dubes Palestina untuk Uzbekistan Dr. Muhammad Tarsyihani dan beberapa pejabat tinggi lainnya.

Maliki dalam pidatonya memuji hubungan sejarah antara negara Arab dan Asia Tengah. Dia juga mengajak untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, pertanian, keamanan, perdagangan dan pendidikan.

Maliki juga mengajak forum tersebut mendukung pendirian negara Palestina dan mengakhiri penjajahan Israel demi merealisasikan perdamian dunia sesuai dengan amanat aturan Internasional yang menuntut untuk mengakhiri penjajahan.

‘’Bertepatan dengan 100 tahun Deklarasi Balfour, kami mengajak masyarakat dunia untuk mengakihiri deskriminasi  yang menimpa rakyat Palestina akibat deklarasi Balfour serta membuat rakyat kami terusir dari kampung halamannya sendiri.’’

‘’Kami percaya negara-negara sahabat Palestina akan membantu mengakhiri pendudukan Israel dan yahudisasi terhadap kota suci al-Quds serta pembangunan hunian ilegal.’’

Maliki juga mengajak rakyat Palestina untuk menyatukan barisan yang merupakan langkah awal untuk mengakhiri pendudukan Israel.

Maliki menutup kalimatnya dengan menyampaikan apresiasi kepada Tajikstan yang dipimpin oleh Imam Ali Rahmanov atas penyambutan Palestina.

Forum Arab-Asia Tengah di pelopori oleh Arab Saudi tahun 2008 dan bertujuan untuk memperkuat hubungan diplomasi antara negara-negara Arab dan Asia Tengah dalam bidang ekonomi, sains dan budaya. (T.RS/S:Maannews).

leave a reply
Posting terakhir

Palestina Akan Berpartisipasi Dalam Pameran Ekonomi di Baghdad

Partisipasi Palestina dalam Pameran Internasional di Baghdad bertepatan dengan Hari Produksi Nasional Palestina. Hal ini diharapkan dapat memperkuat basis ekonomi dan mendorong pembangunan sistem produktif yang tidak lagi bergantung dengan Israel,” ujar Kementerian Ekonomi Palestina