PBB: Situasi di Gaza mengkhawatirkan

Jalur Gaza, SPNA - Asisten Sekjen PBB untuk urusan poltik, Miroslav Jenka dalam sidang Majelis DK PBB, Rabu (18/10/2017)  mengatakan bahwa situasi di Gaza semakin memburuk dan mencapai tahap bahaya.

BY 4adminEdited Thu,19 Oct 2017,11:04 AM

Jalur Gaza, SPNA - Asisten Sekjen PBB untuk urusan poltik, Miroslav Jenka dalam sidang Majelis DK PBB, Rabu (18/10/2017)  mengatakan bahwa situasi di Gaza semakin memburuk dan mencapai tahap bahaya. Ia juga menambahkan kualitas pelayanan kesehatan di Jalur Gaza merosot tajam. 

Dalam konteks yang sama Jenka juga menyambut baik rekonsiliasi Hamas dan Fatah di Cairo Kamis lalu yang menandai berakhirnya disintegrasi antar faksi. ‘’Saat ini kita harus mendukung otorisasi pemerintah Palestina di Gaza,’’ serunya.

Terkait pemukiman Israel, Jenka menyatakan bahwa pemukiman Israel ilegal berdasarkan hukum internasional serta menghambat perdamaian di kawasan.

Sebelumnya Pusat informasi Palestina (PIC) melaporkan bahwa Otoritas Israel menetapkan empat syarat mendukung rekonsiliasi Palestina.

Berdasarkan laporan kantor PM Netanyahu, empat syarat tersebut yaitu: Pertama: Konsisten dengan syarat Kuartet Timur Tengah, kedua: Hamas menyerahkan senjatanya, ketiga: Menghentikan penggalian terowongan bawah tanah dan produksi roket, keempat: Membebaskan tawanan Israel di Gaza.

Sejak 10 tahun lalu Israel memblokade Jalur Gaza darat, laut dan udara paska kemenangan Hamas dalam pemilu 2007. (T.RS/S:AnadoluAgency)

leave a reply