Lieberman: Saat ini Israel tidak ingin berkonfrontasi dengan Hamas

Jalur Gaza, SPNA - Menteri Perang Israel, Avigdor Lieberman, menyatakan bahwa untuk saat ini Israel tidak menginginkan adanya konfrontasi dengan Hamas.

BY 4adminEdited Thu,26 Oct 2017,09:33 AM

Jalur Gaza, SPNA - Menteri Perang Israel, Avigdor Lieberman, menyatakan bahwa untuk saat ini Israel tidak menginginkan adanya konfrontasi dengan Hamas.

Lieberman dalam  inspeksi pembangunan tembok di perbatasan Gaza, Rabu (25/10/2017) mengatakan bahwa Israel saat ini berupaya menjaga ketenangan di perbatasan Gaza, seperti dilansir Surat kabar Israel Walla news.

Beberapa bulan yang lalu, pasukan Israel mulai membangun sebuah tembok di perbatasan Gaza yang disebut "The Barrier".  Pembangunan tembok itu menghabiskan  biaya  500 juta Dollar Amerika Serikat dimana ribuan pekerja dan insiyur dikerahkan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Lieberman juga menyatakan bahwa tembok itu penting untuk menanggulangi serangan Hamas serta menjaga keamanan  penduduk permukiman Israel yang berdekatan dengan Gaza.

Sejak 2007 lalu Israel telah memblokade Gaza dari darat, laut dan udara paska kemenangan Hamas dalam pemilu 2007. Israel tercatat telah melancarkan sejumlah serangan mematikan ke Gaza khususnya tahun 2008 dan 2014 lalu. Ribuan warga Gaza syahid dalam serangan tersebut dimana 80% diantaranya adalah warga sipil.

Kamis 12 Oktober lalu, Hamas dan Fatah melakukan rekonsiliasi di Cairo dibawah pengawasan Mesir yang menandakan berakhirnya perpecahan antar faksi di Palestina. Namun pemerintah Israel menyatakan tidak menerima rekonsiliasi tersebut sampai Hamas mengakui kedaulatan Israel, membubarkan sayap militer al-Qassam serta mengakhiri hubungannya dengan Iran. (T.RS/S:PIC)

leave a reply
Posting terakhir