Mesir luncurkan ‘bus pintar’ bulan depan

Kairo, SPNA - Sejumlah bis yang merupakan bagian dari armada ‘bus pintar’ Mesir akan diluncurkan di jalan-jalan di Kairo bulan depan.

BY adminEdited Thu,26 Oct 2017,12:07 PM

Kairo, SPNA - Sejumlah bis yang merupakan bagian dari armada ‘bus pintar’ Mesir akan diluncurkan di jalan-jalan di Kairo bulan depan.

Youm7 melrilis, setelah bertemu dengan pejabat dari Misr Bus dan perusahaan induknya Emirates National Group, gubernur Kairo Atef Abdelhamid mengumumkan bahwa 16 bus baru dan 40 minibus akan melayani enam rute baru di kota tersebut.

Pada akhir November, dua jalur pertama akan diluncurkan, yang pertama akan menempuh perjalanan dari New Cairo melalui Roxy dan Sawah squares. Sementara yang kedua akan berjalan antara New Cairo dan Tahrir Square, melalui Heliopolis.

Rute awal telah diumumkan, yaitu yang mencakup area seperti Shubra, Bandara Internasional Kairo, Ramses, Heliopolis, dan Obour City.

Proyek ‘bus pintar’ yang baru ini merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah Mesir dan sektor swasta, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi perkotaan yang buruk di ibu kota negara yang padat tersebut.

Bus akan dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi, AC, soket USB untuk pengisian ponsel serta layar yang menunjukkan perhentian berikutnya. Penumpang harus membeli tiket secara elektronik melalui kartu pembayaran.

Untuk menjamin keamanan secara maksimal bagi penumpang, maka akan diterapkan sistem pemantauan elektronik pada bus tersebut, di mana perusahaan transportasi dapat memastikan bahwa bus tidak menyimpang dari rute yang telah ditentukan sebelumnya.

Beberapa pejabat mengatakan bahwa pengenalan ‘bus cerdas’ juga bertujuan untuk menarik penduduk Kairo untuk menggunakan transportasi umum dan mencegah mereka  menggunakan mobil pribadi secara terus-menerus..

Tujuan akhirnya, di satu sisi, adalah untuk memberikan layanan berkualitas tinggi kepada warga seluruh kota, dan di sisi lain, mengurangi kemacetan lalu lintas.

Kairo dikenal sebagai kota dengan layanan transportasi yang buruk, dengan bus dan kereta bawah tanahnya  yang penuh sesak.

Baru-baru ini, telah terjadi peningkatan minat di kalangan pemerintah dan sektor swasta untuk memperkenalkan alternatif transportasi modern.

SWVL startup Mesir, yang didirikan oleh mantan peluncur pasar Careem, Mostafa Kandil, memungkinkan pengguna memesan rute bis ke lokasi yang berbeda di Kairo dan tempat lain.

Aplikasi yang menggandeng Uber ini juga akan segera memperkenalkan layanan bus umum di Mesir.

Selain itu, monorel, atau ‘sky rails,, dijadwalkan akan diperkenalkan di Kairo dan Alexandria dalam periode mendatang.

Sebagai bagian dari teknologi cerdas, ‘bus cerdas’ diperkenalkan di berbagai belahan dunia untuk mengatasi masalah lalu lintas yang dihadapi di kota-kota besar seperti Kairo.

(T.RA/S: Egyptian Streets)

leave a reply