Utusan PBB dan Misi Uni Eropa dukung penyerahan penyeberangan Gaza kepada Otoritas Palestina

Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, Nickolay Mladenov memuji penyerahan penyeberangan Gaza dari Hamas kepada Otoritas Palestina (PA) sebagai "perkembangan penting" dalam pelaksanaan kesepakatan rekonsiliasi yang ditandatangani antara Hamas dan PA.

BY 4adminEdited Fri,03 Nov 2017,08:59 AM
Utusan PBB dan Misi Uni Eropa dukung penyerahan penyeberangan Gaza kepada Otoritas Palestina

Ma'an News - Bethlehem

Bethlehem, SPNA - Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, Nickolay Mladenov, Rabu (02/11/2017), mengeluarkan sebuah pernyataan yang memuji penyerahan penyeberangan Gaza dari Hamas kepada Otoritas Palestina (PA) sebagai "perkembangan penting" dalam pelaksanaan kesepakatan rekonsiliasi yang ditandatangani antara Hamas dan PA yang dipimpin dalam Fatah bulan lalu.

"Momentum positif harus dipertahankan dan Pemerintah Palestina harus sepenuhnya diberdayakan agar berfungsi di Gaza," kata Mladenov. Ia menambahkan, "Saya mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua faksi di Gaza tentang pentingnya menjaga keamanan dan mengakhiri kegiatan militan yang merusak perdamaian dan keamanan, baik untuk orang Palestina maupun orang Israel. "

Misi Uni Eropa di Yerusalem dan Ramallah mengeluarkan pernyataan serupa, dengan mengatakan bahwa "Uni Eropa mengulangi kesiapannya untuk memberikan dukungan penuhnya terhadap upaya penyatuan kembali Gaza dan Tepi Barat di bawah Otoritas Palestina yang sah."

"Kami akan terus berhubungan dengan Otoritas Palestina, Mesir, Israel, dan mitra internasional kami, untuk membantu proses ini berhasil, yang terpenting adalah mencapai solusi dua negara yang dinegosiasikan dan perdamaian yang berkelanjutan," kata pernyataan itu.

Berbagai upaya telah dilakukan di masa lalu untuk mendamaikan Hamas dan Fatah sejak keduanya terlibat konflik di tahun 2007.

Selain menyelesaikan masalah pegawai negeri dan sayap militer Hamas, Hamas dan Fatah berencana untuk membuka jalan bagi pemilihan legislatif untuk kabinet persatuan yang akan memerintah Tepi Barat dan Gaza.

(T.RA/S: Ma’an News)

leave a reply
Posting terakhir

Misi Uni Eropa sesalkan hukuman mati di Gaza

Perwakilan Uni Eropa dan Kepala Misi Uni Eropa di Yerusalem dan Ramallah, Selasa (04/12/2018), mengutuk hukuman mati yang dikeluarkan di Jalur Gaza, pada hari Senin, terhadap enam orang Palestina yang dihukum karena bekerja sama dengan Israel.