Fatah hadapi tekanan AS yang merongrong rekonsiliasi

Anggota senior Komite Pusat Fatah, Azzam Al-Ahmad, mengungkapkan bahwa Otoritas Palestina menghadapi tekanan dari AS guna melemahkan rekonsiliasi yang telah disepakati dengan dengan Hamas bulan lalu.

BY 4adminEdited Wed,08 Nov 2017,03:57 PM
Fatah hadapi tekanan AS yang merongrong rekonsiliasi

The Gaza Post - Amman

Amman, SPNA - Anggota senior Komite Pusat Fatah, Azzam Al-Ahmad, mengungkapkan bahwa Otoritas Palestina menghadapi tekanan dari AS guna melemahkan rekonsiliasi yang telah disepakati dengan dengan Hamas bulan lalu.

Dalam sebuah konferensi di Amman, ia mengatakan bahwa tahap pertama pelaksanaan rekonsiliasi akan berakhir pada 1 Desember mendatang. Salah satu kesuksesan dalam fase ini, tambahnya, adalah penyerahan kendali atas penyeberangan di perbatasan dari Hamas kepada pemerintah persatuan nasional. Meski terdapat beberapa masalah dalam penyerahan Kementerian Pendidikan dan Otoritas Lingkungan Palestina, namun hal tersebut dapat terselesaikan. Ia menekankan pentingnya Hamas menjadi bagian dari gerakan nasional Palestina, terlepas dari prinsip yang dianutnya.

Lebih jauh lagi, kata Al-Ahmad, pemerintah di Amman telah menyetujui komisi Arab ke Kairo untuk menjadi perantara portofolio rekonsiliasi dan mengumumkan kesiapannya untuk merehabilitasi pasukan keamanan Otoritas Palestina.

Terkait kesepakatan Oslo, yaitu perjanjian damai Israel-Palestina di tahun 1990-an, anggota parlemen Palestina dan pemimpin senior Fatah tersebut menunjukkan bahwa kesepakatan yang berisi berbagai prinsip tersebut, secara efektif telah dimatikan oleh Israel pada tahun 2002.

(T.RA/S: The Gaza Post)

leave a reply
Posting terakhir

Presiden Israel: Krisis Politik yang Berlanjutan akan Merongrong Kepercayaan Publik Terhadap Pemerintah

Dalam dua tahun terakhir, Israel digemparkan dengan krisis internal para politikus dari berbagai partai, terutama antara dua poros koalisi Likud yang dipimpin oleh Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu dan Biru Putih yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz. Berbagai demontrasi telah digelar oleh masyarakat Israel yang menentang pemerintahan terutama semenjak terungkapnya tindak korupsi yang dilakukan oleh Sang Perdana Menteri sendiri.