Israel kepada Yordania: Buka kembali kedutaan Israel atau negara Anda akan kering

Berbagai media Israel melaporkan, Israel telah menyampaikan kepada Yordania bahwa mereka akan menghentikan proyek air dari Laut Merah ke Laut Mati jika Amman tidak mengizinkan pembukaan kembali kedutaan Israel di negara tersebut.

BY adminEdited Wed,15 Nov 2017,09:57 AM
Israel kepada Yordania: Buka kembali kedutaan Israel atau negara Anda akan kering

Middle East Monitor - Tel Aviv

Tel Aviv, SPNA - Berbagai media Israel melaporkan, Israel telah menyampaikan kepada Yordania bahwa mereka akan menghentikan proyek air dari Laut Merah ke Laut Mati jika Amman tidak mengizinkan pembukaan kembali kedutaan Israel di negara tersebut.

Channel 10 Israel mengutip berbagai sumber yang mengatakan bahwa pemerintah Benjamin Netanyahu telah meminta Yordania untuk mempertimbangkan kembali permintaannya untuk menginvestigasi perwira Israel yang membunuh dua warga Yordania di kedutaan Israel di Amman tiga bulan lalu.

Israel juga membekukan penandatanganan proyek air dan mengancam akan mengeringkan kanal Wadi Araba yang menghubungkan Laut Merah dan Laut Mati, yang dapat menyebabkan Yordania mengalami "kehausan" karena tanahnya akan mengering akibat berhentinya proyek-proyek tersebut.

Proyek Kanal Laut Mati adalah kepentingan bersama antara Amman, Ramallah dan Tel Aviv. Proyek ini meliputi penggalian saluran yang menghubungkan Laut Mati dengan Laut Merah. Terusan ini juga dimaksudkan untuk menghasilkan tenaga air, yang dapat digunakan untuk mengoperasikan instalasi desalinasi, sehingga meningkatkan jumlah air minum dan air yang tersedia untuk pertanian.

Media Israel menggambarkan, melalui cara ini Israel berusaha melakukan "ancaman ekonomi" guna menekan Yordania agar tidak mengaitkan pengadilan ‘tersangka’ dengan pembukaan kedutaan besarnya.

Hubungan kedua negara tersebut menjadi tegang setelah terjadinya pembunuhan dua warga Yordania oleh seorang petugas keamanan Israel di kedutaan Israel di Amman.

(T.RA/S: Middle East Monitor)

leave a reply