Donald Trump mulai menyusun rencana perdamaian Israel-Palestina

Presiden Donald Trump dan para penasihatnya mulai menyusun rencana perdamaian Israel-Palestina, kepada The New York Times beberapa pejabat mengungkapkan.

BY 4adminEdited Wed,15 Nov 2017,01:14 PM
Donald Trump mulai menyusun rencana perdamaian Israel-Palestina

JTA - New York

New York, SPNA - Presiden Donald Trump dan para penasihatnya mulai menyusun rencana perdamaian Israel-Palestina, kepada The New York Times beberapa pejabat mengungkapkan.

Dalam artikel yang diterbitkan pada hari Sabtu pekan lalu, para pejabat mengatakan bahwa mereka berharap dapat menangani masalah yang telah lama membuat negosiator frustrasi, seperti status permukiman Yerusalem dan Tepi Barat. Kerangka kerja tersebut "bisa sampai awal tahun depan untuk menyelesaikan" dan tidak akan memaksakan timeline untuk negosiasi.

"Kami telah menghabiskan banyak waktu untuk mendengarkan dan berhubungan dengan orang-orang Israel, Palestina dan pemimpin regional utama selama beberapa bulan terakhir guna membantu tercapainya kesepakatan damai yang abadi," utusan Timur Tengah Jason Greenblatt mengatakan kepada The Times. "Kami tidak akan menentukan batas waktu, baik pada perkembangannya maupun gambaran mengenai gagasan spesifik, dan juga tidak akan pernah memaksakan kesepakatan tersebut. Tujuan kami adalah untuk memfasilitasi, tidak mendikte, sebuah kesepakatan damai untuk memperbaiki kehidupan orang-orang Israel dan Palestina dan keamanan di seluruh wilayah. "

Greenblatt, menantu Trump dan juga penasihat Timur Tengah Jared Kushner, Wakil Penasihat Keamanan Nasional untuk Strategi Dina Powell, dan Duta Besar A.S. untuk Israel David Friedman adalah tim "inti" yang merancang rencana tersebut, menurut The Times. Mereka dilaporkan berkonsultasi dengan pejabat Departemen Luar Negeri dan konsul Jenderal A.S. di Yerusalem, Donald Blome.

Trump secara terbuka telah berkomitmen untuk mencoba menempa "kesepakatan akhir" antara Israel dan Palestina, demikian pula dengan Greenblatt dan Kushner telah melakukan banyak perjalanan ke Israel dan Timur Tengah.

(T.RA/S: JTA)

leave a reply