Faksi Palestina serukan pemerintah gelar pilpres 2018 mendatang

Cairo, SPNA - Delegasi faksi-faksi Palestina Rabu, (22/11/2017) menyerukan Pemerintah Palestina untuk mengadakan pemilu presiden dan legislatif tahun 2018 mendatang.

BY 4adminEdited Thu,23 Nov 2017,09:24 AM

Cairo, SPNA - Delegasi faksi-faksi Palestina Rabu, (22/11/2017) menyerukan Pemerintah Palestina untuk mengadakan pemilu presiden dan legislatif tahun 2018 mendatang.

Hal ini disampaikan dalam sidang antar Faksi di Cairo untuk membahas situasi Palestina dan  memperkuat persatuan nasional.

Surat kabar Mesir, Al-Ahram melaporkan bahwa faksi-faksi Palestina sepakat untuk mengadakan pemilihan presiden dan legislatif paling lambat akhir 2018.

Mereka juga menuntut agar Presiden Palestina Mahmoud Abbas menetapkan tanggal pemilu setelah berkonsultasi dengan partai politik di Palestina.

Para peserta sidang menyapakati 7 poin diantaranya: Mempercepat pengembangan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Mendukung  kewenangan pemerintah Palestina di Jalur Gaza, dan mendukung operasional Komite Kebebasan yang dibentuk pada bulan Mei 2011 di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Selan itu mereka juga mendukung kinerja Komite Rekonsiliasi untuk menyelesaikan tugasnya, mendukung legitimasi Undang-undang dan Hukum Palestina serta menjaga  keamanan dan stabilitas.

Mereka juga sepakat mengadakan sidang kembali di Cairo Februari mendatang dengan pemerintah Mesir.

Para peserta menekankan perlunya mengambil langkah serius guna menghapus hambatan terhadap langkah pemerintah Palestina dalam menjalankan tanggung jawabnya di Jalur Gaza.

Pada 12 Oktober lalu, Fatah dan Hamas secara resmi menandatangani rekonsiliasi di Cairo. Rekonsiliasi tersebut menyatakan wewenang terhadap Gaza diberikan kepada Otoritas Palestina.

Rekonsiliasi Palestina mengalami perkembangan signifikan dalam 3 bulan terakhir terutama setelah pembubaran pemerintah Hamas di Gaza pada 17 September lalu. (T.RS/S:AnadoluAgency)

leave a reply
Posting terakhir